Selasa , 23 Mei 2017
Home / Parenting / Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak
Pupils looking at page of encyclopaedia at reading lesson. ilustrasi : lajoiedevivre

Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak

Edupost.ID – Apakah anak anda malas membuka buku pelajarannya? Atau anak anda tidak memiliki ketertarikan untuk membaca buku dan hanya mau bermain gadget saja. Bila masalah itu yang anda alami maka ada baiknya anda menyimak tips berikut ini bagaimanan cara menumbuhkan minat baca anak, seperti dilansir wikihow:

  1. Bacakan buku cerita sejak dini
    Orang tua perlu  membiasakan diri membacakan buku cerita untuk anak-anaknya sedini mungkin. Bahkan kebiasaan membacakan buku cerita ini sebaiknya dimulai sejak anak masih bayi. Hal ini akan merangsangnya terbiasa mendengar dan berinteraksi dengan buku bacaan. Biarkan anak merasakan sensasi memegang buku, membuka halaman demi halaman, dan menangkap ide dari suatu bacaan. Lama kelamaan anak akan tumbuh ketertarikan membuka dan membaca buku sendiri. Lakukan kebiasaan ini saat anak mau tidur atau saat sedang bersantai bersama. Bacakan buku dengan mimik muka dan postur tubuh yang ekspresif sesuai dengan isi bacaan agar anak semakin tertarik.
  2. Hiasi kamarnya dengan buku bacaan
    Umumnya kamar anak diisi dengan berbagai gambar lucu, mainan dan hiasan khas anak. Satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah menambahkan koleksi buku bacaan di dalam kamar anak. Dengan demikian, anak akan terbiasa dengan keberadaan buku di sekelilingnya dan menjadikan buku sebagai salah satu kebutuhannya.
  3. Orang tua perlu memberi teladan
    Biarkan anak anda melihat bagaimana anda menikmati kegiatan membaca buku. Terlebih bagi anak di usia balita, mereka sangat senang meniru kebiasaan orang tuanya. Pastikan anda menjadi role model atau contoh bagi anak anda dalam gemar membaca.
  4. Kenalkan anak dengan buku bacaan yang disukainya
    Jika anak sudah besar, mulai ajak mereka ke toko buku dan memilih sendiri buku bacaan yang disukainya yang sesuai dengan bakat minatnya. Buat mereka yakin bahwa pengetahuan dan bakat mereka akan berkembang dengan banyak membaca. Selain itu, dengan memilih buku sendiri yang disukainya, maka rasa kepemilikan dan kemandiriannya untuk membaca akan semkain tumbuh.
  5. Membuat perpustakaan pribadi
    Ajak anak anda untuk membuat perpustakan pribadi agar anak anda termotivasi untuk terus membaca dan menambah koleksi bukunya dengan berbagai jenis bacaan.
  6. Beri reward
    Untuk memotivasi anak gemar membaca, anda bisa memberi reward bila anak anda berhasil menyelesaikan satu buku bacaan dalam seminggu atau prestasi lainnya. Hal ini sebagai bentuk apresiasi orang tua terhadap kebiasaan membaca anak anda.

(IK-SS)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *