Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Parenting / Tips Menyusun Menu Makan Anak dengan Gizi Seimbang
Menu gizi seimbang untuk anak. ilustrasi dok. wisdomtimes

Tips Menyusun Menu Makan Anak dengan Gizi Seimbang

Edupost.ID – Anak-anak di usia 6 hingga 14 tahun atau usia SD hingga SMP merupakan periode di mana pikiran anak-anak berkembang. Anak membutuhkan nutrisi yang cukup dan seimbang agar proses berpikir, belajar, dan aktivitas tidak terhambat. Orang tua bertanggungjawab dalam memenuhi gizi anak.

Karena itu, perlu diketahui seberapa banyak kebutuhan kalori yang dibutuhkan anak, menu-menu yang tepat, dan jumlah porsi yang memenuhi gizi seimbang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi.

Menu anak sekolah harus memenuhi 1.550-2.400 kkal per hari. Dalam buku ‘Gizi Anak Sekolah’ karangan Nirmala Devi dicontohkan menu gizi seimbang berikut ini.

Untuk sarapan anak usia 4 hingga 6 tahun (jam 06.00) menunya adalah 2 potong roti panggang, 1 buah omelet, tomat segar, dan segelas susu. Kemudian selingan di sekolah, kira-kira pukul 10.00 berupa 1 piring kecil siomay. Untuk makan siang (12.00) nasi putih (1,5 gelas), 1 potong sedang pepes ikan, 1 potong tempe bacem, lalap ketimun-selada, dan 1 buah jeruk.

Pukul 16.00 selingan di rumah berupa singkong goreng atau bihun goreng. Untuk makan malam bisa berupa nasi (1,5 gelas), 1 potong ayam goreng, 1 potong tahu goreng, sayur asem, dan sebuah apel.

Contoh lainnya ialah, 2 potong roti tawar, sebuah telur ceplok, tomat segar, dan segelas susu bisa disajikan untuk sarapan. Sedangkan untuk selingan di sekolah adalah bihun goreng. Makan siang bisa berupan nasi putih, 1 mangkuk sedang soto daging, sepotong tempe goreng, dan sebuah apel.

Untuk selingan di rumah bisa menggunakan kue bugis atau bihun goreng. Makan malam dapat berupa nasi putih, 1 ekor sedang bawal bakar, sepotong tahu goreng, sayur asem, dan sebuah pisang ambon.

Berbeda usia, berbeda pula gizi yang dibutuhkan. Sehingga orang tua tidak bisa menyamaratakan makanan yang dikonsumsi anak-anak. Ingat selalu untuk menjaga pola makannya. Jaga juga sarapan anak.  (Nurfi)

Check Also

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

U-Torc, Pembalut Ramah Lingkungan Inovasi IPB

Edupost.id – Pembalut sebagai barang ekonomi merupakan benda yang permintaannya selalu kontinyu dari waktu ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *