Kamis , 20 Juli 2017
Home / Parenting / Trik Agar Anak Tidak Sulit Diajak Tidur

Trik Agar Anak Tidak Sulit Diajak Tidur

Edupost.id – Kadang hal yang paling menyulitkan bagi orang tua di malam hari adalah mengajak anak anda untuk tidur. Padahal anak pada usia 3-5 tahun membutuhkan 11-13 jam tidur dalam sehari. Usia 6-10 tahun membutuhkan tidur selama 10-11 jam tidur. Apabila anak anda kurang tidur di malam hari, akan mempengaruhi suasana hati, kemampuan kognitif, perilaku anak di siang hari. Anak menjadi mudah marah, rewel dan sebagainya. Berikut beberapa trik agar anak anda tidak sulit diajak tidur, seperti dilansir Today.

1.Menjadikan tidur sebagai prioritas

Buatlah jadwal tidur yang sama dari waktu ke waktu setiap harinya sehingga mereka menjadi terbiasa. Aturlah kondisi kamar anak anda dengan mematikan lampu dan suara-suara yang dapat mengganggu. Buatlah suasana yang nyaman dan tenang. Anda juga bisa membuat rutinitas sebelum tidur seperti membaca. Orangtua juga perlu menetapkan batas jam malam hari dan konsisten mematuhinya.

2. Membuat taktik

Membuat gambar kegiatan menjelang tidur yang menunjukkan setiap bagian dari rutinitas sebelum tidur. Misalnya, mandi, menggunakan piyama, menyikat gigi, mandi, baca buku, memberikan pelukan, lalu tidur. Anda dapat memotong gambar dari majalah atau mengambil gambar anak anda ketika melakukan kegiatan ini. Atau dengan memberikan stiker penghargaan saat anak anda berhasil melakukannya.

3. Memecahkan masalah bersama

Jika anak anda memiliki kesulitan untuk tidur, pecahkan masalah tersebut bersama-sama. Sebagai contoh, jika anak anda menolak untuk tidur sendiri, bicaralah tentang alasan mengapa dia tidak nyenyak saat tidur. Jika anak anda takut dengan suara-suara yang datang dari tempat lain, berilah penjelasan kepadanya.

4. Membatasi waktu bermain

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membatasi waktu menonton TV, bermain video game, atau menggunakan komputer sebelum tidur. Karena hal ini akan mengganggu jam tidur anak. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pediatrics menemukan bahwa menonton TV sebenarnya menunda jam tidur anak. (Iyes)

 

Check Also

Andi Kurniawan, service management region BNI Kantor Wilayah Yogyakarta, memberikan pelatihan kepada para tenaga kependidikan di Fakultas Farmasi UGM.

Tingkatkan Layanan, Fakultas Farmasi UGM Gelar Pelatihan Tenaga Kependidikan

Yogyakarta – Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi mahasiswa, mitra, atau tamu, Fakultas Farmasi UGM bekerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *