Rabu , 25 Januari 2017
Home / Parenting / Tujuh Cara Atasi Kecanduan Game pada Anak
Anak main game
Anak main game

Tujuh Cara Atasi Kecanduan Game pada Anak

Edupost.id – Banyak bermain game tentu akan menyita waktu anak-anak anda dan hal ini tentu tidak baik bagi perkembangan mereka. Berikut delapan cara atasi anak yang kecanduan game seperti dilansir wikihow.

1. Menentukan waktu bermain

Tentukan berapa lama waktu mereka bermain game dalam sehari. Beberapa orang tua membatasi waktu bermain sekitar satu jam per hari, sementara yang lain benar-benar melarang video game selama waktu sekolah dan hanya memungkinkan untuk beberapa jam pada akhir pekan. Banyak profesional perawatan kesehatan dan ahli pembangunan merekomendasikan bahwa, anak-anak menghabiskan waktu di depan televisi atau komputer layar tidak lebih dari 2 jam per hari.

2. Temukan kegiatan alternatif

Cobalah untuk menemukan kegiatan alternatif yang sesuai dengan kepribadian anak anda. Dia lebih cenderung untuk menanggapi ajakan anda, jika anda memberi mereka pilihan untuk melakukan kegiatan yang mereka sukai.

3. Bermain diluar

Dorong anak anda untuk bermain di luar dengan anak-anak lain di lingkungan rumah. Seperti, bersepeda, bermain bola, berenang, dan bermain permainan tradisional.

4. Beristirahat

Berikan 30-60 menit waktu untuk anak anda beristirahat saat mereka pulang sekolah. Hal ini akan memungkinkan dia untuk bersantai. Kali ini harus menghabiskan waktu bermain bebas, bukan dengan bermain game.

5. Menaruh permainan di ruang keluarga

Menempatkan permainan di kamar anak anda akan memberinya terlalu banyak kebebasan untuk bermain ketika tanpa pengawasan. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan terlalu banyak godaan, terutama bagi anak muda yang memiliki kesulitan mengikuti aturan.

6. Beri konsekuensi

Berikan konsekuensi yang tepat jika anak anda menolak untuk berhenti bermain. Jangan biarkan mereka bermain game sampai batas waktu tertentu. Pertimbangkanlah larangan untuk bermain jika anak anda terus mengabaikan batas waktu yang anda tetapkan baginya.

7. Hubungi dokter

Bila anak anda memiliki gejala bermasalah atau jika anda menduga bahwa ia mungkin memiliki kecanduan game yang terus berlanjut, segera hubungi dokter.

(Iyas)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Nelayan Harus Pahami Zona Potensial Penangkapan Ikan

Edupost.ID- Produksi usaha penangkapan ikan di Indonesia sangat tergantung pada ketersediaan informasi daerah penangkapan ikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *