Minggu , 26 Maret 2017
Home / Parenting / Tujuh Cara Membeli Mainan yang Aman

Tujuh Cara Membeli Mainan yang Aman

Edupost.ID – Liburan sekolah telah tiba, anak tentunya membutuhkan mainan baru untuk menemani liburan mereka di rumah. Namun, perlu diperhatikan keselamatan anak. Seperti yang dilansir dari Safebee, ada tujuh cara untuk membeli mainan yang aman bagi anak.

1.  Petunjuk usia

Banyak label mainan yang memberikan keterangan usia dikemasannya. Hal ini bertujuan agar mainan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Pilihlah mainan sesuai dengan usia anak agar tidak terjadi masalah saat sedang bermain di rumah. Seperti ketika membeli mainan untuk anak usia di bawah satu tahun, jangan membeli mainan yang terlalu kecil agar tidak tertelan.

Sementara untuk mainan rakitan yaitu miniatur pesawat, rumah, mobil dan lain-lain, sebaiknya diberikan untuk anak usia enam tahun ke atas. Saat anak sedang merakit, orangtua harus mendampingi karena ada perangkat keras seperti mur, sekrup dan baut yang berbahaya jika tertelan atau tertusuk jari anak.

2.  Lebel produk

Setiap main pasti memiliki label petunjuk di kemasannya. Seperti mainan yang dibuat dengan kardus tidak tahan air, boneka harus dicuci dengan mesin, playdoh atau sejenisnya diberi label beracun dan tidak untuk dimakan.

3.  Suara

Mainan elektronik atau mainan yang mengeluarkan bunyi yang keras akan mengganggu orang lain. Seperti perlengkapan musik, klakson mobil dan lain-lain. Perhatikan jenis mainan sebelum membeli agar suara yang dikeluarkan mainan tersebut tidak terlalu mengganggu orang disekitar.

4.  Keamanan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics Clinical, skuter sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun, mainan ini juga bertanggung jawab atas peningkatan 40 persen cedera pada anak. Perhatikanlah kelengkapan peralatan keselamatan sebelum membeli skuter atau papan skate. Selain itu jika anak menginginkan mainan laser seperti dalam film Star Wars, perhatikanlah tingkat keamanannya agar sinar yang berasal dari laser tidak merusak mata anak.

5.  Merek

Sejumlah merek mainan yang terkemuka, biasanya menawarkan kualitas mainan yang lebih baik. Perhatikanlah merek dan informasi mengenai merek mainan tertentu baik di toko mainan maupun di internet agar tidak menyesal ketika sudah membeli mainan tersebut.

(Nisa)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *