Kamis , 14 Desember 2017
Home / Parenting / Tujuh Hal Terlarang dalam Mendidik Anak

Tujuh Hal Terlarang dalam Mendidik Anak

Edupost.ID – Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, para orangtua harus hati-hati dalam memberikan pendidikan pada anak mereka. Ada beberapa sikap yang sebaiknya dhindari orang tua saat mendidik mereka. Berikut tujuh hal terlarang dalam mendidik anak, seperti dilansir Reader’s Digest.

  1. Jangan inkonsisten

Menjadi orangtua yang baik memang cukup sulit karena setiap perilaku dan kebiasaan pasti akan diikuti oleh anak-anak. Biasakan untuk selalu konsisten dalam setiap perkataan dan perbuatan, agar anak anda mampu mencontoh dan berubah menjadi anak-anak yang tegas. Jangan bertindak inkonsisten sehingga membuat anak bingung.

  1. Tidak membicarakan sifat anak ke orang lain

Anda harus memperhatikan perasaan anak. Tidak semua anak suka jika orangtuanya membicarakan sifat mereka di depan orang lain karena itu akan mempengaruhi perasaan mereka.

  1. Jangan pelit memuji anak anda

Orang tua perlu memuji anak ketika mereka melakukan hal baik karena hal itu sebagai bentuk penghargaan untuk anak. Tidak perlu pelit memuji, yang penting disampaikan secara proporsional.

  1. Jangan menegur anak terlalu keras

Menegur anak ketika melakukan sebuah kesalahan memang harus dilakukan agar anak tahu mana yang benar dan mana yang salah. Namun, tegurlah anak dengan baik dan jangan menggunakan kekerasan agar perasaan anak tidak terluka dan kondisi psikologinya tidak terganggu.

  1. Tidak terlalu banyak membantu anak

Sekali-kali membantu anak menyelesaikan suatu aktivitas adalah hal baik namun harus tetap proporsional. Terlebih dalam hal kebiasaan sehari-hari, sebaiknya mereka dilatih melakukannya sendiri tanpa bantuan orang dewasa seperti makan, mandi, sikat gigi, tidur sendiri dan lain-lain. Hal ini nantinya akan membantu anak lebih mandiri dan tidak tergantung kepada orang dewasa.

  1. Tidak membatasi kreativitasnya

Membiarkan anak berimajinasi dengan menceritakan tentang naga, peri dan lain-lain akan membuat anak menjadi kreatif dan mengembangkan otak kanan. Jangan pernah membatasi kreativitas mereka agar mereka bisa terus bereksplorasi.

  1. Jangan takuti anak

Biarkan anak terus berekplorasi dan jangan terlalu membatasinya. Menakuti anak tentang suatu hal seperti ketinggian, kegelapan, binatang tertentu dan lain-lain akan mempengaruhi keadaan psikologi anak dan membuat anak tidak pemberani. (Nisa)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *