Minggu , 26 Maret 2017
Home / Parenting / Tujuh Kiat Membantu Anak agar Peduli
Orangtua sedang berkomunikasi dengan anak
Ilustrasi. Orangtua sedang berkomunikasi dengan anak

Tujuh Kiat Membantu Anak agar Peduli

Edupost.id – Orang tua adalah pembina sekaligus tokoh pertama yang dilihat dan dicontoh oleh anak, agar tumbuh dengan baik dan memiliki sikap kepedulian.  Dilansir dari Roots of Action, tentang bagaimana mengajari anak peduli.

Dr. Pribudianta Nur Septu menambahkan,”Sejak dini anak harus mendapat contoh yang baik sehingga mereka memiliki elastisitas mental yang kuat dalam menghadapi berbagai ancaman dari luar,” Ujarnya pada Edupost.id

  1. Mengenalkan pada tuhan dan penciptanya, akan menimbulkan anak memiliki sifat peduli terhadap akhlak dan budaya agamanya.
  1. Anak butuh mengenal berbagai sikap sopan dan perilaku tertib, serta menghargai orangtua dan oranglain disekitar. Orangtua diharuskan memberikan contoh, jangan menggunakan ucapan kasar dan buruk.
  1. “Kebersihan, sebagian dari iman,” ucapkan sesekali pada anak membersihkan dan menjaga kebersihan lingkungan dan fisiknya. Hal ini dapat membuat anak merasa dipuji dan akan menjaga kebersihan.
  1. Berperilaku Jujur, merupakan hal terpenting untuk peduli menerima saran dari masyarakat dan  teman-temannya saat anak tumbuh dewasa.
  1. Tepat waktu, buatlah anak nyaman dengan waktu bermain dan saat ia mempelajari sesuatu. Tetapi tidak lupa memberikan contoh yang tepat waktu juga, agar anak tidak terlalu bergantung pada oranglain.
  1. Ajari anak taat aturan atau rules. Beri penjelasan yang jelas dan logis, anak-anak perlu berlaku taat pada orang tua maupun aturan yang berlaku di masyarakat.  Agar orangtua merasa dihormati.
  1. Buat anak peduli dengan dirinya sendiri, sebelum memintanya memperhatikan oranglain di sekitarnya. Akan membantunya untuk cekatan terhadap aturan dan perilaku social. (Inan)

Check Also

Sepuluh Kiat Mudah Orangtua Mengenal Anak Hiperaktif

Mendidik Anak dengan Kasar Menumbuhkan Rasa Takut

Edupost.ID- Mendidik anak dengan cara kasar, menyebabkan timbulnya rasa canggung dan cenderung penakut.  Membiasakan anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *