Jumat , 15 Desember 2017
Home / Poleksosbud / Banjir Bandang Terjang Kabupaten Garut
banjir
Ilustrasi. Banjir

Banjir Bandang Terjang Kabupaten Garut

Edupost.id – Hujan yang berintegrasi panjang serta tingginya luapan sungai, menyebabkan banjir dan longsor di Kabupaten Garut dan Sumedang Provinsi jawa Barat. Menurut Badan nasional Penanggulangan bencana BNPB, terjangan banjir disebabkan guyuran hujan yang tak henti sejak pukul 20.00 s/d 23.30 WIB dan luapan Sungai Cikamuri setinggi 1,5 hingga 2 meter.

Tercatat tujuh wilayah tergenang banjir diantaranya, Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Kabupaten Garut, pada Rabu (21/9) pukul 01.00 WIB. La Nina, dipole mode negatif dan hangatnya perairan laut di Indonesia menyebabkan hujan melimpah, lebih besar dari normal sehingga dapat memicu banjir dan longsor.

Tim SAR gabungan, Barnas, TNI, Polri, PMI, BPBD serta relawan telah melakukan pencarian dan penyelamatan korban hingga saat ini. Hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak Selasa kemarin menyebabkan banyak kerugian dan orang hilang termasuk anak-anak. Mengakibatkan 30 orang tewas, belasan lainnya dalam proses pencarian, 200 rumah rusak dan melumpuhkan seluruh akses jalan utama menuju kota Garut.

BPBD Provinsi Jawa Barat membantu penanganan darurat, pengungsi ditempatkan di kantor Korem Kabupaten Garut. Meski saat ini sebagian banjir sudah surut, pendataan masih dilakukan. Dalam waktu yang hampir sama, longsor terjadi di Desa Cimarene, Kecamatan Dumedang Selatan jawa Barat kemarin dan ditemukan 2 orang tewas.

Untuk memberikan penanganan darurat, BPBD Provinsi Jawa Barat menggerakan tim reaksi cepat yang diperlukan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB, menghimbau masyarakat untuk waspada dari ancaman banjir dan longsor karena di prediksikan hujan akan terus meningkat hingga puncak januari 2017 mendatang. (Bnpb)

Check Also

BNPB Gandeng UGM Adakan Sekolah Sungai Nasional

BNPB Gandeng UGM Adakan Sekolah Sungai Nasional

Edupost.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi diantaranya Universitas Gadjah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *