Selasa , 17 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Banjir dan Longsor Melanda Beberapa Wilayah Indonesia
BANJIR-LONGSOR-MALANG
Longsor

Banjir dan Longsor Melanda Beberapa Wilayah Indonesia

Edupost.id – Hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah di Indonesia menyebabkan beberapa daerah mengalami banjir dan longsor. Diantaranya yang terjadi di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo (18/6), ada tujuh kecamatan di Kulonprogo, Yogyakarta yang terkena bencana banjir, yakni Kecamatan Wates, Temon, dan Panjatan, area persawahan dan perumahan. Sedangkan, Kecamatan Samigaluh, Pengasih dan Girimulyo dilanda tanah longsor.

Sementara itu, beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Purwokerto, banjir bandang melanda Desa Selandaka, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. Jebolnya tanggul Sungai Reja yang sedang dinormalisasi tidak mampu menampung luapan air sehingga meluap ke permukiman warga. Tanah longsor juga terjadi di Desa Watuagung, Kecamatan Tambak, sehingga menutup akses jalan di perbatasan Kabupaten Banyumas dan Banjarnegara.

Banjir bandang juga melanda Kebumen akibat luapan Sungai Bodo tersebut juga terjadi di Desa Wonoharjo, Wagilpandan, Kretek, Bumiagung, Jatiluhur, dan Desa Rowokele Kecamatan Rowokele. Selain banjir, hujan deras juga mengakibatkan sebuah tebing longsor di Dusun Semampir, Desa Sampang, Kecamatan Sempor.

Ia mengatakan longsor tersebut menimpa tiga rumah yang di dalamnya terdapat enam penghuni ikut tertimbun dan saat ini masih dalam pendataan.

Purworejo juga dihantam banjir di beberapa desa di Kecamatan Bayan. Selain banjir, hujan yang terjadi mengakibatkan longsor di Dusun Suwinong, Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang. Tujuh korban dinyatakan tertimbun longsor. (Antara/ IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *