Rabu , 13 Desember 2017
Home / Poleksosbud / Banjir Merendam 5.700 Rumah di Madiun

Banjir Merendam 5.700 Rumah di Madiun

MADIUN- Ribuan rumah di Kota Madiun, Jawa Timur terendam banjir pada Rabu (25/3). Sebanyak 5.700 rumah yang digenangi banjir itu berada di Kecamatan Kartoharjo. Banjir ini merendam empat kelurahan sehingga menghambat aktivitas warga.

“Ada empat kelurahan yang terendam, yaitu Pilangbango, Rejomulyo, Kelun, dan Tawangrejo,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Madiun, Agus Subiyanto, dilansir antara.

Banjir menyebabkan air setinggi 1-5 sentimeter masuk ke pemukiman warga. Hingga menjelang siang, warga masih mengevakuasi barang dan menguras air dari Kali Sono, anak Bengawan Madiun yang mulai meluap sekitar pukul 04.00.

Agus menjelaskan, banjir itu merupakan dampak dari hujan deras yang mengguyur Kota Madiun dan hulu sungai di Lereng Gunung Wilis, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, sejak Selasa malam hingga Rabu dinihari. “Airnya terlalu deras dan tanggul di sungai di Kelurahan Tawangrejo ambrol,” ucapnya.

Banjir juga menggenangi jalan raya dengan ketinggian mulai 10 sentimeter hingga 1 meter. Akses transportasi di jalur alternatif yang menghubungkan Kota Madiun dengan Kabupaten Madiun lumpuh.

Seorang warga Kelurahan Tawangrejo, Yuliati mengaku izin tak masuk kerja. Selain karena jalan menuju kantornya kebanjiran, dia tak masuk kerja lantaran harus mengevakuasi perabotan di rumah. “Keadaan seperti ini jelas tidak memungkinkan untuk berangkat ke kantor. Mau memasak saja tidak bisa,” terangnya.

Kepala Sekolah Dasar Negeri Tawangrejo 1, Siti Anisyah menyampaikan, dirinya terpaksa meliburkan kegiatan belajar-mengajar siswanya karena sejumlah ruang kelas tergenang luapan air Kali Sono. “Ada dua kelas yang kemasukan air. Para siswa kami minta belajar di rumah,” ujarnya.

(IK/SS)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *