Selasa , 25 Juli 2017
Home / Poleksosbud / Bekali Identitas Anak, Kota Yogyakarta Terbitkan KIA
Bekali Identitas Anak, Kota Yogyakarta Terbitkan KIA
Bekali Identitas Anak, Kota Yogyakarta Terbitkan KIA

Bekali Identitas Anak, Kota Yogyakarta Terbitkan KIA

Edupost.id, Yogyakarta – Selama ini anak tidak memiliki kartu identitas khusus yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan layaknya KTP pada orang dewasa. Adanya kartu identitas anak menjadi suatu kebutuhan untuk mempermudah anak sekaligus sebagai tanda pengenal khusus anak. Program Kementerian Dalam Negeri untuk menerbitkan Karu Identitas Anak (KIA) tampaknya menjadi jawaban.

Kartu identitas anak tersebut memiliki fungsi yang sama dengan kartu tanda penduduk yaitu untuk memberikan informasi mengenai identitas seorang anak. Kartu juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti naik pesawat terbang, kereta api, membuka rekening di bank hingga pengurusan passport.

Terkait hal ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta mengaku siap menerbitkan KIA untuk anak di Yogyakarta. Terlebih, Disdukcapil Yogyakarta sudah menjalankan kebijakan itu sejak 2004.

“Tentu saja kami siap menjalankan kebijakan itu karena pada dasarnya Pemerintah Kota Yogyakarta sudah memberikan kartu identitas anak (KIA) sejak 2004,” kata Kepala Dindukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi.

Selama ini, KIA yang diberikan Pemerintah Kota Yogyakarta memang masih berbeda dengan KIA yang diprogramkan Kemendagri. KIA di Yogyakarta selama ini masih berbentuk seperti kartu tanda penduduk reguler yang dicetak di kertas dan diberikan bersamaan dengan pemberian akte kelahiran. Sedangkan kartu identitas anak sesuai format dari Kemendagri akan berbentuk seperti kartu tanda penduduk elektronik sehingga membutuhkan blanko khusus dan mesin cetak khusus.

Namun, nantinya jika kebijakan pemerintah pusat tersebut berlaku penuh, Pemerintah Kota Yogyakarta akan memperbarui kartu identitas anak yang sudah diterbitkan. Tahap awal, Yogyakarta akan memberikan KIA sesuai format Kemendagri kepada anak yang belum memiliki KIA. Baru kemudian secara bertahap, jika blanko telah terpenuhi, akan diberikan KIA yang baru kepada seluruh anak di Yogyakarta. KIA berlaku untuk anak usia 0 hingga 17 tahun kurang satu hari. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *