Selasa , 12 Desember 2017
Home / Poleksosbud / Bela Negara dari Menhan Ditanggapi Beragam oleh Netizen

Bela Negara dari Menhan Ditanggapi Beragam oleh Netizen

Edupost.ID – Pemerintah seperti yang disampaikan Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu berencana mengadakan program bela negara bagi semua warga negara Indonesia. Pemerintah menyebut rencana tersebut sesuai dengan UUD 1945 dan UU Nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Bela negara nantinya juga akan masuk di kurikulum mulai TK hingga perguruan tinggi. Netizen tampak ramai menanggapi hal tersebut di media sosial.

Diantara netizen ada yang mempertanyakan tentang rencana ini. Simi dalam akun twitternya berkomentar, “semua kalangan #wajibbelanegara. Pertanyaannya: apa sih yang disebut #BelaNegara?.”

“Bela negara pakai anggaran?,” tanya Hotradero, mengingat rencana ini memerlukan dana yang cukup besar. Pemerintah dikuatirkan menggunakan dana swasta untuk rekrutmen dalam pembiayaan program tersebut. Mario juga mempertanyakan terkait perbedaan Bela Negara dengan Wajib Militer.

Ada juga dari Netizen yang menyetujui program Kementrian Pertahanan ini seperti Hilfan. “Setuju pak… ayo segera direalisasikan,” ungkapnya.

“Anak-anak yang suka tawuran bagus nih,” tulis Anang dalam akunnya.

Netizen juga memberikan pendapatnya terkait Bela Negara yang tidak harus selalu dikaitkan dengan latihan fisik seperti yang dikemukakan Edi. “Bela negara itu: mengembalikan aset-aset negara yg dikuasai asing, dan mengembalikan uang negara yg dikorupsi,” tulisnya.

Deddy pun menambahkan, “nah… mengkritisi kebijakan yang tidak pro Rakyat JUGA BELA  NEGARA.”

Herry menuliskan harapannya terkait dengan program Bela Negara ini, “program Bela Negara hendaknya juga mampu membentuk generasi muda yang mempunyai kedisiplinan yg tinggi sebagai pondasi jiwa nasionalis yg professional.”

Rencananya Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka pembinaan kader Bela Negara pada 19 Oktober 2015 mendatang. Selain membuka, Jokowi nantinya juga akan melantik para kader tersebut. (Iyes)

Check Also

Sepuluh Universitas Paling Inovatif Tahun 2017

Pimpinan PTN Harus Siap Hadapi Era Disruption Innovation

Edupost.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, pimpinan PTN harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *