Kamis , 30 Maret 2017
Home / Poleksosbud / Belajar Membatik di Perayaan Batik Nasional 2016
Belajar Membatik di Perayaan Batik Nasional 2016
Belajar Membatik di Perayaan Batik Nasional 2016

Belajar Membatik di Perayaan Batik Nasional 2016

Edupost.id- Dalam momentum Hari Batik Nasional, yang diperingati pada hari minggu,(2/10). Lebih dari 40 mahasiswa dari Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Jakarta, melakukan Kegiatan Belajar Membatik di Rumah Batik Palbatu Jl. Palbatu IV No. 17, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.

Budi Dwi Haryanto, salah satu penggagas Rumah Batik Palbatu mengatakan,” Makna kegiatan pada hari batik nasional, sebagai bentuk melestarikan serta mengajak banyak orang paham tentang batik. Hanya dengan melalui proses membuatnya,”ujarnya pada Edupost.id

Saat ini banyak generasi muda yang memiliki inovasi serta kreatifitas tinggi menjaga kelestarian budaya, salah satu prosesnya dengan membatik. Berbagai motif dan ragam warna dari batik, membuat para mahasiswa LP3i serta warga rumah palbatu antusias menuangkan kreatifitasnya.

Menurut Harry, Meskipun saat ini batik dibuat dari berbagai bahan, seperti dicetak diatas kertas ataupun dengan menggunakan cap. Tetapi motif dan ciri khasnya masih tetap sama untuk dikatakan sebagai batik Indonesia.“Untuk para mahasiswa Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I), belajar membatik merupakan kali pertama mengenalkan batik” kata Hary.

Sebagai penggagas serta penyedia Sekolah Membatik, ia juga menyambut baik inisiatif dari para mahasiswa LP3i ataupun generasi muda Indonesia yang memperingati Hari Batik Nasional. Hari Batik nasional merupakan hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Alifah Nur Kharom, Mahasiswa LP3i jurusan Komunikasi Bisnis serta Pemasaran mengatakan,”Mengenal budaya Indonesia tidak hanya saat perayaan. Tetapi juga setiap waktu,” ungkapnya.

Menurut Alifah, Batik merupakan simbol keragaman Indonesia yang berbudaya dan berharga, bukan sebatas hiasan dari Indonesia. Motifnya yang beragam bentuk melambangkan keragaman budaya Indonesia. “Meskipun tidak dapat memberikan karya yang bagus, tetapi setidaknya sebagai generasi muda saya bangga mengenalkan batik pada berbagai negara,” Pungkas Alifah (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *