Selasa , 24 Januari 2017
Home / Poleksosbud / BEM SI : Reklamasi untuk Kepentingan Asing, Bukan Demi Rakyat
Reklamasi Teluk Jakarta
Reklamasi Teluk Jakarta (foto: CNN)

BEM SI : Reklamasi untuk Kepentingan Asing, Bukan Demi Rakyat

Edupost.id – Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) Bagus Tito Wibisono menilai, kebijakan pemerintah melanjutkan proyek reklamasi teluk Jakarta telah menciderai rakyat Jakarta. Proyek ini dinilainya hanyalah demi kepentingan para pengembang dan kalangan menengah keatas, bukan demi kepentingan rakyat.

“Reklamnasi bukan untuk rakyat Indonesia, tetapi untuk para pengembang dan kalangan menengah ke atas. Reklamasi juga merupakan produk yang melanggar nawacita, karena negara menjadi lemah karenanya,” tegas Bagus dalam keterangan tertulis yang diterima Edupost.id Sabtu (17/9).

Mahasiswa yang juga menjabat sebagai Ketua BEM Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini menambahkan, saat ini yang lebih dibutuhkan nelayan di pantai utara Jakarta adalah laut sebagai sumber kehidupannya. Nelayan tak membutuhkan rusunawa seperti yang dianjikan pemerintah, ataupun pulau palsu yang menyediakan kebahagiaan semu.

Selain itu, reklamasi juga berpotensi sangat merugikan rakyat, dan hanya menguntungkan pihak asing. Jalur strategis perdagangan, perekonomian, bahkan sosial dan politik akan dikuasai oleh pengusaha dan pihak asing yang bermukim di sana.

“Jika sudah demikian, maka rakyat Jakarta tidak bisa berbuat apa-apa dan hanya terbelenggu dalam penjajahan model baru. Maka selagi masih bisa bergerak, jangan siakan kesempatan tersebut. Karena ketika kita diam saat ibukota dianiaya, kita adalah anak durhaka,” katanya. (Andi)

Check Also

aksi-bem-si-harkitnas

BEM SI Tolak Proyek Reklamasi Teluk Jakarta

Edupost.id – Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menyerukan penolakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *