Sabtu , 25 Februari 2017
Home / Poleksosbud / BEM SI Tolak Sosialisasi Amdal Reklamasi Pulau G
BEM SI Tolak Sosialisasi Amdal Reklamasi Pulau G
BEM SI Tolak Sosialisasi Amdal Reklamasi Pulau G (foto: blogspot.com)

BEM SI Tolak Sosialisasi Amdal Reklamasi Pulau G

Edupost.ID – Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bersama organisasi masyarakat lain yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta secara tegas menolak sosialisasi pembahasan AMDAL pulau G yang dilaksanakan tanggal 31 Januari 2017.

Rencana sosialisasi tersebut bermasalah sebab hingga saat ini belum ada Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Teluk Jakarta yang komprehensif dan Peraturan Daerah Zonasi Wilayah Pesisir dan pulau-pulau kecil yang menjadi syarat untuk menentukan pembangunan di teluk Jakarta.

“Mengapa baru sekarang AMDAL disosialisasikan, sementara pulau G sudah dibangun 20%. Kami menilai amdal tersebut adalah Amdal bodong, pengembang seolah-olah ingin menunjukan kepada masyarakat tidak ada masalah dengan reklamasi,” ujar Ihsan Munawar, perwakilan BEM SI dalam keterangannya kepada Edupost.ID.

Padahal menurut Ihsan, secara jelas dapat terlihat dampak besar dari pembangunan Pulau G. Hasil tangkapan nelayan berkurang, terjadi pencemaran air laut, terjadi banjir ROB Muara Angke, mengganggu operasional PLTU Muara Karang, dannterjadi konflik di pantai serang utara tempat pengambilan material pasir.

Ditambahkan, apabila pengembang beralasan yang dijadikan dasar untuk melakukan sosialisasi AMDAL adalah sanksi dari KLHK, maka hal tersebut tidak dapat dijadikan dasar. Sejak awal koalisi mengkritik KLHK yang memberikan sanksi ringan kepada pengembang untuk memperbaiki izin lingkungan.

Koalisi menilai KLHK seharusnya menjatuhkan sanksi mencabut izin lingkungan dan pelaksanaan reklamasi sebab telah jelas dampak reklamasi yang merusak lingkungan dan merugikan nelayan.

Atas dasar itu maka kami koalisi selamatkan teluk Jakarta menolak rencana sosialisasi AMDAL BODONG reklamasi pulau G. Kedepan koalisi segera  mendatangi KLHK dan KKP menuntut agar menolak hasil sosialisasi AMDAL reklamasi pulau G dan mencabut izin-izin reklamasi. (Andi)

Check Also

BEM SI Jambore Mahasiswa di Cibubur Miliki Tendensius Politik

BEM SI : Jambore Mahasiswa di Cibubur Miliki Tendensius Politik

Edupost.ID – Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia (BEM SI), Wildan Wahyu Nugroho mengatakan, acara Jambore …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *