Rabu , 29 Maret 2017
Home / Poleksosbud / Beri Banyak Manfaat, Mudik Perlu Dilestarikan
mudik
Ilustrasi. Mudik (foto: devianart)

Beri Banyak Manfaat, Mudik Perlu Dilestarikan

Edupost.id – Mudik menjadi salah satu tradisi yang mewarnai kehidupan masyarakat kita. Dosen Unpad menilai, mudik membawa banyak manfaat terlebih bagi pertumbuhan ekonomi. Meski mendatangkan inflasi, social benefit yang timbul akibat mudik jauh lebih besar daripada social cost dari inflasi itu sendiri.

“Mudik itu harus dilestarikan dengan manajemen yang lebih baik, karena aspek social benefit-nya lebih besar daripada kalau kita hanya melihat social cost dari inflasi,” ungkap Dosen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, Ferry Hadiyanto.

Dari perspektif ekonomi, Ferry menyebut, mudik sebagai bagian dari expose kemakmuran masyarakat. Hal tersebut terjadi lantaran pemudik berupaya menunjukan peningkatan kemakmuran kepada keluarganya di kampung halaman, seperti membawa kendaraan, banyak uang, atau gadget terbaru. Dengan semakin meningkatnya jumlah pemudik, hal ini pun dapat mengecilkan angka kemiskinan.

“Di proses mudiknya itu memang tidak jual kemiskinan, itu jual kemakmuran ,” ujar Ferry.

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Unpad, Dadang Suganda menanggapi, mudik sebagai budaya dan kebutuhan manusia. Tradisi mudik sendiri ada karena keluarga yang telah menciptakan kultur berdasarkan pada tiga aspek, yaitu biologis, mental, dan pergaulan.

“Mudik, disamping kultur, tetapi juga memenuhi kebutuhan dasar manusia. Dengan adanya mudik, aktualisasi diri seorang pengusaha sukses diluar, kembali ke kampung halaman dengan begitu bangganya, dan mendapat apresiasi dari masyarakat setempat, itu akan sangat membesarkan hati, memperpanjang umur barangkali,” ucapnya.

Dari sisi sosial, Guru Besar FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia, Elly Malihah berpendapat bahwa mudik merupakan modal sosial. “Mudik dengan segala dinamikanya menyimpan potensi yang bila dikelola dengan baik dapat menjadi modal sosial untuk membangun masyarakat di tengah gejolak modernitas,” terangnya.

Check Also

Resep Kue Kering Lebaran Favorit Keluarga

Edupost.id – Tak lama lagi umat Islam akan merayakan hari raya Idul Fitri atau lebaran. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *