Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Poleksosbud / Butuh Dukungan Banyak Pihak Kembangkan Kuliner Indonesia
Resep Masakan Udang sambal belacan
Resep Masakan Udang sambal belacan (glult dok.)

Butuh Dukungan Banyak Pihak Kembangkan Kuliner Indonesia

Edupost.id – Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc., mengatakan, bidang kuliner sudah selayaknya mendapat dukungan dari berbagai pihak agar mampu melakukan penetrasi global. Apalagi, Indonesia memiliki banyak suku, etnis dan daerah yang masing-masing memiliki seni dapur.

Hal ini disampaikan Eni terkait diadakannya Konferensi dan festival Kuliner Indonesia 2017. Acara ini merupakan hasil kerja sama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Universitas Gadjah Mada yang berlangung di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM.

“Saya kira itu potensi luar biasa, bahkan Indonesia disebut dapur gastronomi terbesar dunia. Ini merupakan potensi yang luar biasa jika dikelola dengan baik,” katanya.

Eni Harmayani menjelaskan kuliner Indonesia merupakan kekayaan budaya, dan ini bisa berdampak luas sekaligus menyejahterakan jika mampu dikelola secara optimal. Lidah dunia pun sesunguhnya mengakui kuliner Indonesia lebih mudah diterima dibanding negara-negara lain.

Hanya saja, untuk bisa bersanding dan bersaing dengan makanan asing, makanan lokal dan tradisional Indonesia masih perlu mendapat sentuhan teknologi, baik teknologi digital, maupun teknologi-teknologi lain, seperti teknologi proses, teknologi pengemasan, teknologi pengolahan dan sebagainya.

“Sangat tepat untuk menyandingkan dengan teknologi karena pertimbangan konsumen tidak hanya enak dirasa, namun bagaimana dengan soal sanitasi dan higienis makanan dan standar keamananan pangan,” katanya.

Selain diisi Festival Kuliner Indonesia dari 34 set menu kuliner unggulan dari 34 provinsi di Indonesia, juga diisi dengan seminar. Kedua seminar ini mengusung tema “Soto sebagai Representasi Citarasa Indonesia” dan “Jejak Nikmat Kopi Indonesia”.

Selain itu, akan dilakukan pula cooking class “sukses menyeduh kopi nikmat” dan “membuat kuah soto” serta master class “membuat aneka wadah dan kemasan makanan dari daun”. Yang tak kalah menarik, ditampilkan pula klangenan yang akan menampilkan berbagai makanan baik makanan kuno maupun kekinian. (Andi)

Check Also

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

Edupost.id – Tim robot terbang UGM, Gamaforce, kembali berhasil mempertahankan gelar juara umum pada ajang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *