Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Poleksosbud / Ciletuh Pelabuhan Ratu Diusulkan Jadi Geopark Internasional
Ciletuh Pelabuhan Ratu Diusulkan Jadi Geopark Internasional
Ciletuh Pelabuhan Ratu Diusulkan Jadi Geopark Internasional

Ciletuh Pelabuhan Ratu Diusulkan Jadi Geopark Internasional

Edupost.id – Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu merupakan destinasi wisata yang memiliki daya tarik. Pasalnya geopark tersebut menyimpan potensi luar biasa sebagai destinasi wisata andalan di Jabar, khususnya di Kabupaten Sukabumi. Karena itu, pihak Pemkab mengusulkan agar geopark ini mendapat pengakuan internasional.

“Sekarang kita sedang upayakan pengakuan internasional dengan masuk kedalam unesco global geopark,” ucap Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono.

Ia menuturkan geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu mempunyai potensi wisata alam yang sangat indah. “Ciletuh itu dihias panorama alam yang menawan. Ada sejarah felogi alam yang khas sebagai catatan pembentukan pulau jawa. Itu menjadi geopark‎ unggulan,” tutur Adjo.

Untuk menjadi Geopark internasional, ‎ tidak hanya keindahan alam saja yang diunggulkan. Namun harus ada aspek lain lagi yang perlu dikembangngkan yakni geologi, flora dan fauna serta budayanya.

“Kekayaan ekonomi masyarakat pun menjadi salah satu syarat utama, ” jelasnya.

Belum lama ini Pemkab Sukabumi menggelar Ciletuh Pelabuhan Ratu Geopark Festival 2016 di kawasan pantai Ujung Genteng, Desa Pangumbahan, Kabupaten Sukabumi. Tujuan diselenggarakannya festival tersebut, kata Adjo, untuk mempromosikan geopark nasional sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi wisata lokal dan mancanegara. (Pemprov Jabar/IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *