Kamis , 30 Maret 2017
Home / Poleksosbud / Dagelan hingga Gobaksodor Meriahkan Olimpiade Budaya Jawa
lomba gobaksodor
Lomba gobaksodor (foto: galeripenjas)

Dagelan hingga Gobaksodor Meriahkan Olimpiade Budaya Jawa

Edupost.id – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar Olimpiade Budaya Jawa (OBJ) di Yogyakarta pada 19 – 22 September 2016. Kegiatan ini akan diikuti oleh siswa SD/M, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK Muhammadiyah se DIY dengan jumlah peserta sekitar 500 orang.

“Kegiatan itu sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa yang sarat dengan nilai-nilai luhur,” kata Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (MPDM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Arif Budi Raharjo di Yogyakarta.

Olimpiade ini akan melombakan 10 cabang, terdiri dari cerdas cermat budaya Jawa, Mocopat, Geguritan, Karawitan, Dagelan Mataram, dan Tari Jawa, Egrang, Gasingan, Gobagsodor dan Jemparingan.

Lomba yang masuk kategori olahraga akan dipusatkan di Lapangan Karang Kotagede dan jemparingan dilakukan di Lapangan Jemparingan PWM DIY. Untuk mocopat digelar di SMP Muhammadiyah 4 Yogya, Tari Jawa di SMP Muhammadiyah 2 Yogya, dagelan Mataram dan karawitan di SMA Muhammadiyah I Yogya.

Sebelumnya, OJB ini telah diawali dengan pawai budaya Jawa yang diikuti 100 sekolah Muhammadiyah di DIY. Pawai diawali dari Balaikota Yogyakarta dan finsh di Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta pada 10 September yang lalu.

“Rangkaian kegiatan Olimpiade Budaya Jawa (OBJ) itu akan ditutup dengan pagelaran seni budaya di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 23 September 2016,” kata Arif. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *