Jumat , 22 September 2017
Home / Poleksosbud / Dirgahayu TNI, Wujudkan Kontribusi ke Pedalaman

Dirgahayu TNI, Wujudkan Kontribusi ke Pedalaman

EdupostID – Tanggal 5 Oktober 2015 adalah hari jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-70. Usia yang sudah matang mendorong para anggota TNI untuk terus berkontribusi di Indonesia. Terutama dalam bidang pendidikan di wilayah perbatasan, pulau terdepan atau terluar, daerah terpencil, daerah tertinggal, daerah konflik dan pascakonflik, serta korban bencana seperti di Papua dan Kalimantan.

Banyaknya para siswa yang sulit mendapatkan pendidikan dan keterampilan merupakan tantangan tersendiri untuk para anggota TNI. Perlu adanya kerjasama antara pihak TNI dengan warga yang difokuskan kepada bantuan tenaga untuk pembangunan infrastruktur pendidikan serta tenaga pengajar.

Kerjasama tidak hanya dilakukan oleh TNI dan warga setempat, tetapi juga penting keterlibatan dengan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas)  harus  meliputi seluruh jenjang pendidikan yakni pendidikan anak usia dini (PAUD), SD, SMP, SMA universitas, pendidikan layanan khusus, kebahasaan, penelitian dan pengembangan, serta pengembangan sumber daya manusia pendidikan.

Pendidikan untuk PAUD, SD, SMP dan SMA dapat berupa pengajaran langsung oleh para anggota TNI baik mengenai pelajaran sosial, bahasa dan lain-lain. Selain itu diberikan juga pengetahuan bagaimana menjadi warga negara yang baik, karena generasi muda merupakan agen perubahan bangsa yang mesti dipupuk dengan baik sejak dini. Hal ini juga bertujuan untuk menumbuhkan karakter yang nasionali pada diri pelajar.

Sementara itu untuk pendidikan ditingkat Universitas, kerjasama kedua lembaga ini yaitu dengan cara meningkatkan penelitian bidang sains dan teknologi pertahanan serta mengevaluasi kegiatan teknologi pertahanan. Sedangkan di bidang pengembangan bahasa, kerjasama ini akan memfokuskan kepada pemasyarakatan bahasa, penelitian kebahasaan di wilayah perbatasan, dan penamaan pulau-pulau terluar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Nisa)

Check Also

Wolffia, tanaman terkecil di dunia

Wolffia, Tanaman Terkecil di Dunia Ukuran 1 mm

Edupost.id – Tahukan Anda bahwa di dunia ini sebenarnya ada tanaman mini dengan ukuran tak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *