Rabu , 25 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Ditetapkan Sebagai Kota Batik Dunia, Jogja Gelar Festival Batik

Ditetapkan Sebagai Kota Batik Dunia, Jogja Gelar Festival Batik

Edupost.ID, Yogyakarta – Festival “Jogja Kota Batik Dunia” pagi ini Jumat (2/10) telah resmi dibuka di Pagelaran Kraton Yogyakarta. Acara ini akan berlangsung hingga 6 Oktober 2015. Festival ini untuk menyambut ditetapkannya Kota Jogja sebagai Kota Batik Dunia oleh World Craft Council (WCC) pada 2014 lalu dan juga untuk memperingati Hari Batik Nasional pada hari ini, Jumat (2/10).

Pelaksana Tugas Harian Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, dalam festival ini akan digelar beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari pameran batik, selebrasi, seminar, talk show, fashion show dan lomba batik. Setelah itu, akan dilajutkan juga dengan penyerahan plakat Kota Batik Dunia kepada Gubernur DIY.

Pada acaara ini, selain digelar pameran batik juga akan dimeriahkan oleh berbagai acara. Di antaranya, fashion show batik yang akan menampilkan karya batik terbaik DIY dengan rancangan para designeruntuk memperkenalkan kepada masyarakat agar lebih tertarik kepada batik Jogja. Selain itu, akan ada lomba batik jogja yang dibagi menjadi tiga kategori, SMA/SMK sederajat, mahasiswa dan umum.

Berdasarkan pendataan oleh Dewan Kerajinan Nasionel DIY, terdapat setidaknya ada 241 motif batik di DIY. Motif ini akan terus dipertahankan dan dikembangkan dengan cara mengajarkan siswa SD, SMP, SMA dan warga DIY untuk membuat batik. (Andi)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Nelayan Harus Pahami Zona Potensial Penangkapan Ikan

Edupost.ID- Produksi usaha penangkapan ikan di Indonesia sangat tergantung pada ketersediaan informasi daerah penangkapan ikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *