Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Poleksosbud / Ekonomi Kreatif Sumbang Devisa Negara 119 Trilyun
Ekonomi Kreatif Sumbang Devisa Negara 119 Trilyun
Ekonomi Kreatif Sumbang Devisa Negara 119 Trilyun

Ekonomi Kreatif Sumbang Devisa Negara 119 Trilyun

Edupost.id – Industri atau ekonomi kreatif telah menyumbang devisa negara hingga 119 trilyun. Ada tiga subsektor, yaitu kuliner sebesar 41,69 persen, fashion 18,15 persen dan kriya atau kerajinan sebesar 15,70 persen.Demikian yang diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar di acara Baros Internasional Animasi Festival (BIAF).

Dalam acara yang berlangsung di Cimahi Technopark, Baros, Kota Cimahi, Jawa Barat, mulai Jumat (6/10) hingga Minggu (8/10) lalu, Demiz menyampaikan bahwa ekonomi kreatif merupakan gelombang ke empat pembangunan ekonomi setelah pertanian, industri dan teknologi informasi. 

“Gelombang ke-4 inilah yang gaungnya kini semakin terasa hampir di seluruh dunia, terutama di negara-negara yang perekonomiannya sudah beralih dari “resource based economy” menjadi “innovation based economy,” ujarnya.

Demiz menilai, walau Indonesia perekonomiannya masih bercorak “resource based economy” dari industri manufaktur, perdagangan dan pertanian, namun sektor ekonomi kreatif sudah mulai menunjukkan geliat yang cukup menggembirakan.

“Kita liat bahwa kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB nasional sudah mencapai 7% dengan menyerap 11,8 juta tenaga kerja atau 10,72% dari total tenaga kerja nasional, menciptakan 5,4 juta usaha atau 9,68% dari total usaha nasional serta berkontribusi terhadap devisa negara sebesar Rp.119 triliun atau sekitar 5,72 dari total ekspor nasional,” jelasnya. (Pemprov Jabar/ IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *