Kamis , 23 Maret 2017
Home / Poleksosbud / Gempa 4,7 SR Kembali Melanda Medan
Gempabumi 6,5 SR Guncang Pidie Jaya, Aceh
Gempabumi 6,5 SR Guncang Pidie Jaya, Aceh (foto: indblgst)

Gempa 4,7 SR Kembali Melanda Medan

Edupost.id- Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tektonik berkekuatan 4,7 Skala Richter (SR) kembali melanda Kota Medan, Deli Serdang, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut) Selasa (14/2) dini hari.

Kedalaman gempa sekitar 10 Kilometer (Km), yang terjadi pertama sekitar pukul 00.11 WIB dan berakhir sekitar pukul 03. 30 WIB. Menurut Kepala Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, gempa terjadi akibat adanya aktivitas sesar lokal yang berasal dari lempengan di Pulau Sumatera.

Gempa berada pada kordinat 3,37 Lintang Utara (LU) dan 98,51 Bujur Timur (BT) persis terjadi di darat dengan jarak 24 Km arah Barat Daya, dan kedalaman 10 Km. Belum ada laporan korban jiwa atas gempa tersebut.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu terjadi sebanyak dua kali. Gempa pertama terjadi sekitar pukul 19.13 WIB dengan kekuatan 3,9 Skala Richter (SR).

Intensitas gempa bumi II SIG-BMKG (III-IV MMI), Sibolangit II SIG-BMKG (III-IV MMI), Tuntungan dan Medan I SIG-BMKG (II-III MMI), Binjai I SIG-BMKG (I-II MMI). Gempa itu juga berada pada zona sumber gempa berkekuatan 5,6 SR.

Sebelumnya, masyarakat di Kabupaten Deli Serdang, Medan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut), berhamburan keluar rumah menyusul gempa yang sedang melanda daerah tersebut

Menurut Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo, gempa yang terjadi di Deli Serdang dan dirasakan masyarakat di Medan, tidak berpotensi tsunami. (BMKG/Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *