Senin , 29 Mei 2017
Home / Poleksosbud / Gerhana Bulan Total Bisa Disaksikan pada 4 April 2015 dari Seluruh Indonesia

Gerhana Bulan Total Bisa Disaksikan pada 4 April 2015 dari Seluruh Indonesia

Jakarta – Peristiwa langka, gerhana bulan total dapat kembali kita saksikan. Berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan total akan terjadi di Indonesia pada hari Sabtu, 4 April 2015.

Kabar gembiranya adalah kita bisa menyaksikan gerhana bulan dari berbagai di wilayah Indonesia. Selain di Indonesia, gerhana ini juga terjadi di Amerika, Samudra Pasifik, Australia, Asia, kecuali bagian barat, dan sebagian kecil Afrika Timur.

Gerhana bulan merupakan peristiwa ketika cahaya matahari terhalang oleh bumi, sehingga tidak semua sinarnya bisa sampai ke bulan. Peristiwa tersebut merupakan salah satu akibat pergerakan dinamis matahari, bumi, dan bulan. Gerhana bulan hanya terjadi pada saat fase purnama dan kemunculannya bisa diprediksi sebelumnya.

Selain pada 4 April, BMKG menyebutkan, gerhana bulan total juga akan terjadi pada 28 September 2015. Namun, gerhana ini tidak dapat diamati di wilayah Indonesia, hanya bisa diamati di Asia bagian barat, Samudra Hindia bagian barat, Afrika,
Eropa, Samudra Atlantik, Amerika, dan Samudra Pasifik bagian timur.

Bagi masyarakat di daerah Papua bagian barat, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sebagian Kalimantan bagian timur akan menyaksikan bulan dalam fase gerhana penumbra saat bulan terbit.

Sedangkan, pengamat yang berada di Kalimantan Timur bagian barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa dan Sumatra akan melihat bulan dalam fase gerhana sebagian saat bulan terbit.

Pada waktu-waktu selanjutnya, semua orang bisa mengamati fase-fase gerhana hingga berakhirnya fase gerhana tersebut. (IK/LL)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *