Kamis , 30 Maret 2017
Home / Poleksosbud / Guru Besar UGM: Banyak Mogok Kerja yang Tidak Sah

Guru Besar UGM: Banyak Mogok Kerja yang Tidak Sah

Edupost.ID, Yogyakarta- Mogok kerja para pegawai perusahaan makin marak belakangan ini. Namun banyak dari mogok kerja yang dinilai gagal atau tidak sah. Selain itu, dalam masyarakat sendiri terdapat beragam perspektif mengenai mogok kerja.

Hal tersebut disampaikan dalam acara pengukuhan guru besar Ari Hernawan di Balai Senat UGM beberapa waktu lalu. Ari Hernawan mengangkat judul ‘Keberadaan Hak Mogok Kerja dalam Konstelasi Politik Hukum Perburuhan Indonesia’.

Dalam pidato pengukuhan jabatan guru besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Ari Hernawan menjelaskan tentang prosedur yang lebih ditekankan dibandingkan substansi dalam ketentuan mogok kerja yang telah berimplikasi pada sulitnya ditemukan mogok kerja yang sah di Indonesia.

Ada tiga perspektif mengenai mogok kerja. Pertama, menurut pekerja/serikat pekerja, mogok merupakan hak dasar dan menjadi penyeimbang terhadap kekuatan pengusaha. Kedua, menurut pengusaha, mogok justru merupakan gangguan atau penghambat proses produksi. Ketiga, menurut negara/pemerintah, mogok kerja mengganggu pertumbuhan ekonomi nasional, stabilitas politik dan salah satu faktor penghambat masuknya modal asing.

Menurut Ari Hernawan, diperlukan ketentuan hukum yang menetapkan keabsahan mogok. Tidak hanya dilihat dari prosedurnya, tapi juga substansinya. Pengadilan saja tidak cukup, melainkan Pengadilan Hubungan Industrial.

“Kehadiran Pengadilan Hubungan Industrial adalah bentuk upaya untuk menertibkan konflik antara pengusaha dan buruh pekerja ke dalam sebuah sistem rasionalitas legal,” kata Ari Hernawan dalam pidatonya.

Ia menutup dengan, “Negara sebaiknya kembali pada khitahnya sebagai penyeimbang dari ketimpangan hubungan antara pekerja dan pengusaha melalui regulasi di bidang perburuhan yang merepresentasikan kepentingan pekerja.” (Nurfi)

Check Also

lomba karya tulis internasional

Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja

Edupost.id – Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja ini diadakan oleh Departemen Pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *