Senin , 11 Desember 2017
Home / Poleksosbud / Hari Autis Sedunia Serukan Empat Komponen Resolusi
hari autis sedunia
Hari Autis Sedunia

Hari Autis Sedunia Serukan Empat Komponen Resolusi

Edupost.id – Hari Kesadaran Autisme Sedunia atau World Autism Awareness Day (WAAD) diselenggarakan setiap tahunnya di seluruh dunia. Momen yang dikenal juga sebagai Hari Autis Sedunia, awalnya ditetapkan setelah pelaksanaan Majelis Umum PBB tanggal 18 Desember 2007. Berdasarkan hasil pertemuan tersebut maka ditetapkan empat komponen resolusi utama Hari Kesadaran Autisme Sedunia.

Pertama, penetapan tanggal 2 April sebagai WAAD. Kedua, partisipasi organisasi PBB, negara anggota, LSM dan semua organisasi swasta dan masyarakat WAAD. Ketiga, meningkatkan kesadaran autisme pada semua tingkatan dalam masyarakat. Keempat, Sekretaris Jenderal PBB harus menyampaikan pesan ini kepada negara-negara anggota dan semua lembaga PBB lainnya.

Kesadaran warga terhadap keberadaan autisme tentu harus ditingkatkan. Agar mereka tidak memojokkan para penyandang autisme. Autis sendiri diakibatkan dari gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak. Sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar. Biasanya penyandang autis mengacuhkan suara, penglihatan dan kejadian yang melibatkan mereka.

Pada umumnya mereka menghindar dari segala macam bentuk aktivitas atau kontak sosial. Seperti bermain dengan anak lain, pandangan mata dan kontak fisik. Gejala awal yang sering terjadi pada anak yang cenderung kesulitan memahami bahasa dan berkomuniaksi secara verbal. (Wikipedia/Nisa)

Check Also

Sepuluh Universitas Paling Inovatif Tahun 2017

Pimpinan PTN Harus Siap Hadapi Era Disruption Innovation

Edupost.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, pimpinan PTN harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *