Selasa , 24 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Hari Batik, Mahasiswa Inginkan Batik Dikemas Lebih Modern

Hari Batik, Mahasiswa Inginkan Batik Dikemas Lebih Modern

Edupost.ID, Yogyakarta – Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik sejak tahun 2009 oleh UNESCO. Pada hari ini seluruh lapisan masyarakat disarankan memakai batik. Bagi pelajar dan mahasiswa, Hari Batik penting untuk diperingati.

“Diperingati paling nggak dengan memakai batik,” kata Irfan Verdia, mahasiswa Psikologi UIN.

Irfan yang hanya suka mengenakan batik di acara-acara resmi menambahkan, sebaiknya model batik diperbarui sehingga cocok dengan masa kini.

Windi Atria, Siyasah UIN, menginginkan hal yang sama, “Siswa/mahasiswa sekarang lebih suka pakai model pakaian yang lagi hits gitu, istilahnya kekinian gitu lah. Sedangkan batik dari dulu tetep gitu aja.”

Berbeda dengan Yuni Anggraeni, mahasiswa STMIK El-Rahma. Ia dan Arina Rahmatika menyukai batik. Yuni ingin ada event bertema batik.

“Kalau banyak event yang bertemakan batik, otomatis produksi batik meningkat jadi trend. Dengan sendirinya mahasiswa dan masyarakat pakai batik. Jadi tugasnya mahasiswa bikin event-event yang berhubungan sama batik,” ujar Yuni.

Meski Arina menganggap batik elegan, ia berpendapat batik perlu dimodifikasi agar sesuai tren sekarang. Kemudian ia mengusulkan event, “Hari batik harusnya diperingati dengan kesempatan kita memakai batik pada hari itu sebagai tanda kita mencintai budaya kita.”

Windi juga ingin ada peringatan Hari Batik dimana semua orang memakai batik. “Jadi peringatan hari batik nggak sekedar peringatan-peringatan aja, biar kita-kita (terutama remaja-remaja) ikut ngrasain euforia batik, biar semacam bangga juga, trus seru juga liat teman-teman di kampus, orang-orang di jalan, para pedagang di pasar pakai batik,” pungkas Windi.  (Nurfi)

Check Also

Beasiswa Internasional Program Pascasarjana di Inggris

Edupost.Id- Beasiswa kuliah gratis ditawarkan oleh University of Sheffield, Inggris. Beasiswa akan menanggung biaya kuliah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *