Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Poleksosbud / Hari Tani, BEM Jabodetabek Gelar Aksi di Istana Negara

Hari Tani, BEM Jabodetabek Gelar Aksi di Istana Negara

Edupost.id – Koordinator Wilayah BEM Se Jabodetabek Banten, Muhammad Rijalul Afif, menghimbau seluruh mahasiswa di wilayah ini untuk menggelar Aksi Hari Tani di Istana Negara Jakarta, Senin (25/9). Aksi ini digelar terkait Hari Tani dan Refleksi Menuju Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-Jk.

Setidaknya ada tiga hal yang menurut mereka menjadi alasan gelaran aksi ini. Pertama, terkait dengan konflik agraria di Indonesia yang hingga kini masih belum selesai. Dimulai dari adanya sengketa reklamasi di teluk Jakarta yang dijadikan pihak swasta demi mengeruk keuntungan pribadi, tanpa memikirkan nasib para nelayan di dalamnya. Padahal sudah jelas bahwa proyek tersebut melanggar hukum-hukum yang ada, dan pemerintah seharusnya menghentikan hal ini.

“Lalu muncul lagi konflik Petani Kendeng yang lagi-lagi disebabkan oleh pihak swasta yang memaksa mendirikan pabrik semen dan akhirnya mengacuhkan hukum-hukum serta dampak yang disebabkan oleh hal tersebut. Dan pemerintah sampai sekarang juga masih tidak menindak dengan tegas untuk menghentikan hal ini,” imbuh Presiden BEM KBM STEI SEBI ini.

Tidak hanya itu, pemerintah juga dianggap tidak tegas dalam membangun industri pangan nasional dengan melakukan impor gula, garam, dan daging dalam skala besar. Padahal potensi negara ini untuk mencukupi hal tersebut bisa dibilang sangatlah mudah.

“Mahasiswa adalah garda terdepan dalam mengawal kebijakan pemerintah dan akan terus memperjuangkan hak-hak rakyat. Maka dari itu kepada seluruh Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM Seluruh Indonesia wilayah Se Jabodetabek Banten untuk bergabung dalam barisan aksi,” seru Rijal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *