Minggu , 26 Maret 2017
Home / Poleksosbud / HUT RI Ke 71, 28 Koleksi Istana Presiden Dipamerkan
HUT-RI-Ke-71-28-Koleksi-Istana-Presiden-Dipamerkan
HUT RI Ke 71. (Foto: akli)

HUT RI Ke 71, 28 Koleksi Istana Presiden Dipamerkan

Edupost.id –  Sebanyak 28 dari 3.000 karya seni yang menjadi koleksi Istana Kepresidenan RI dipamerkan untuk umum. Karya seni tersebut akan ditampilkan dalam sebuah pameran di Galeri Nasional Indonesia. Pameran yang digelar pada 2 – 30 Agustus mendatang merupakan rnagkaian acara menyabut HUT RI Ke 71.

Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan RI di Galeri Nasional Indonesia tersebut bertajuk “17/71: Goresan Juang Kemerdekaan”. Pameran ini merupakan bagian dari perayaan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia. Selain memamerkan 28 lukisan, akan ditampilkan pula 100 foto-foto kepresidenan dan sembilan buku tentang koleksi lukisan Istana Kepresidenan.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga merasa terhormat karena Galeri Nasional akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan ini, dan kami dilibatkan sejak awal. Pameran ini dapat dihadiri umum dan gratis,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan dalam siaran pers.

Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan RI diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara, bekerja sama dengan Kemendikbud, Badan Ekonomi Kreatif dan Mandiri Art. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, 28 lukisan yang akan dipamerkan merupakan hasil karya dari 21 pelukis, yang karyanya menjadi koleksi di Istana Negara, Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Cipanas, dan Istana Yogyakarta.

 

“Kita berharap ini bisa mengingatkan ulang bahwa bangsa kita adalah bangsa kreatif. Bagi sekolah-sekolah dan guru-guru, ini kesempatan mengingatkan kembali bahwa prestasi bukan hanya akademik yang diujikan secara standar, tetapi juga bidang kreatif, terutama seni yang ruang ekspresinya sangat luas,” tutur Mendikbud.

Galeri Nasional Indonesia juga akan menyelenggarakan kegiatan pendukung selama pelaksanaan Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan RI. Kegiatan pendukung tersebut antara lain seminar sehari pada 22 Agustus 2016, yang meliputi diskusi tentang seni, sejarah, dan istana. Kemudian pada tanggal 28 Agustus 2016 akan diselenggarakan lomba melukis untuk siswa SD. Lalu akan ada juga Gallery Tour yang berlangsung seminggu sekali, yaitu pada tanggal tanggal 7, 14, 21, dan 28 Agustus, dengan format berupa diskusi dan berkeliling ruang pameran bersama para kurator. (Kemidkbud/Nisa)

Check Also

Usai-Dibentuk-Paskibraka-Sleman-Mulai-Berlatih

Jelang Hari Kemerdekaan, Paskibraka Dilatih TNI dan Polri

Edupost.id – Menjelang hari kemerdekaan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *