Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Indonesia Gelar Festival Buah dan Bunga Bertaraf Internasional
fbbn
Launching FBBN Internasional di Kantor Kementerian Pertanian (foto: Humas IPB)

Indonesia Gelar Festival Buah dan Bunga Bertaraf Internasional

Edupost.id, Jakarta – Tahun ini, Indonesia akan menyelenggarakan Festival Buah dan Bunga Nusantara Internasional (FBBNI) di Kota Bogor pada 17-20 November mendatang. Demikian disampaikan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Herry Suhardiyanto pada acara Launching FBBN Internasional 2016 di Kantor Kementerian Pertanian RI Jakarta.

FBBN Internasional merupakan festival buah dan bunga internasional pertama dan terbesar yang diinisiasi IPB. FBBN diadakan untuk mengeksplorasi kekayaan buah dan bunga nusantara dan mempromosikan potensi ekspornya ke mancanegara, sebagai bagian dari program Gerakan Revolusi Oranye. Gerakan ini merupakan pengembangan buah nusantara secara revolusioner dalam skala perkebunan sehingga proses swasembada menjadi lebih cepat dan perekonomian masyarakat pun meningkat.

Rektor IPB, Herry mengatakan, FBBN Internasional ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan standar kualitas ekspor dan kebutuhan pasar bagi para produsen dan eksportir buah dan bunga nusantara. Selain itu, untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman buah dan bunga nusantara serta potensinya ke pasar global.

Menteri Pertanian mengungkapkan, terdapat empat juta hektar lahan Indonesia yang tertidur pada saat tertentu karena merupakan lahan tadah hujan. Dengan FBBNI dan revolusi oranye ini harapannya dapat membangunkan lahan tersebut.

Adapun aneka kegiatan internasional yang akan digelar di FBBN yaitu Exhibition, Novelty  (Innovative Product), Business Matchmaking, Export Business Coaching, dan Conference. Sedangkan, program nasional yaitu Fruit Contest, Fruit and Floriculture Room Decoration Contest, Fruitpreneur Got Talent, Sales Exhibition, Carnival, dan Various Competitions.

Dalam FBBN akan hadir 500 International Trade Visitor, yang berasal dari kalangan bisnis internasional, manufacturing produsen makanan dan minuman olahan, Kamar Dagang Negara Tujuan Ekspor, dan institusi lainnya. Negara-negara yang akan hadir meliputi negara ASEAN, Asia (China, Japan, Taiwan, South Korea), Timur Tengah (UAE, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, Jordan), Australia dan NZ, Eropa, serta Amerika. (IPB/ IK-SS)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *