Sabtu , 25 November 2017
Home / Poleksosbud / INSPEC Ajak Masyarakat Ikut Kritik Pemerintah

INSPEC Ajak Masyarakat Ikut Kritik Pemerintah

Edupost.ID, Yogyakarta – Sebagai warga negara, kita harus selalu bersikap kritis kepada pemerintah. Dalam politik, tidak ada seorang presidenpun yang bebas dari kesalahan. Demikian disampaikan oleh Ahmad Ma’ruf, peneliti ‘Institute of Public Policy and Economic Studies’ (INSPEC) dalam acara Kajian Politik Senin (6/4) malam di GOR UNY.

Dalam diskusi yang bertema “Meneropong Pemerintahan Jokowi“ itu, Ma’ruf mengatakan bahwa Jokowi memang tidak luput dari kekurangan. Salah satu isu yang tengah ramai diperbincangkan adalah tentang Perpres kenaikan tunjangan mobil pejabat.

“Saya yakin tidak ada seorang presidenpun yang tidak melakukan kesalahan. Dalam pelaksanaan program selalu ada benturan kepentingan yang membuat program kerja menjadi sulit terlaksana,” papar Ma’ruf. Namun, demikian, kata Ma’ruf, hal itu wajar dalam dunia politik. Tugas kita harus teriak jika presidan berbuat salah, jangan langsung menurunkan dari kursi presiden.

Pembicara lain dalam diskusi ini adalah Kartika Nurrohman dari pimpinan pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), dan Andi Hijrian dari KAMMI DIY. Kedua pembicara ini sepakat bahwa pemerintahan Jokowi masih banyak kekurangannya. Andi mengatakan bahwa Jokowi gagal memenuhi janji kampanyenya. Di antaranya, menurut Andi, Jokowi masih belum bisa menunjukkan kemandirian secara politik. Hal itu tercermin dalam sikap politik Jokowi yang masih terpengaruh oleh kebijakan partainya.

Sementara itu, Nurrohman mengatakan bahawa nama besar Jokowi sebenarnya hanya karena pengaruh media masa. “Saat masih menjadi walikota Solo, media masa mencatat prestasi Jokowi yang mampu memindahkan Pedagang Kaki Lima (PKL) secara damai. Prestasi seperti itu tidak hanya Jokowi yang memiliki, walikota Yogyakarta juga mampu memindahkan PKL ke Pasar Klitikan. Namun, nama walikota Yogyakarta tidak sebesar nama Jokowi,“ ungkap Nurohman. (Andi)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *