Kamis , 25 Mei 2017
Home / Poleksosbud / Jelang Hari Kemerdekaan, Paskibraka Dilatih TNI dan Polri
Usai-Dibentuk-Paskibraka-Sleman-Mulai-Berlatih
Ilustrasi: Paskibraka Sleman. (Foto: disdiksleman)

Jelang Hari Kemerdekaan, Paskibraka Dilatih TNI dan Polri

Edupost.id – Menjelang hari kemerdekaan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak beberapa hari yang lalu sudah menjalani latihan bersama TNI dan Polri di alun – alun selatan Yogyakarta. Mereka tengah mempersiapkan diri untuk menjalankan tugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Rabu (17/8).

Kapten Purwanto, salah satu pelatih Paskibraka DIY mengatakan, setiap kabupaten/kota di DIY telah mengirimkan 8 pelajar untuk menjadi anggota Paskibraka DIY. Dari lima kabupaten/kota di DIY, terkumpul 40 pelajar. Dua di antaranya dikirimkan ke Jakarta untuk bertugas menjadi Paskibraka di Istana Negara. Sedangkan 38 orang sisanya bertugas di DIY. Sejak 1 Agustus yang lalu, mereka telah menjalani latihan bersama tiga kesatuan TNI dan Polri.

Pasukan ini digembleng dengan latihan keras setiap harinya sejak pukul 6.45 hingga 16.30. Mereka harus mampu menyelaraskan gerak dengan TNI dan Polri. “Latihan mulai 1 sampai menjelang 17 Agustus. Tanggal 12 – 15 Agustus sudah mulai gladi kotor,” kata Purwanto.

Menurut Purwanto, kesulitan dalam latihan ini adalah menyelaraskan langkah dan hentakan antara pelajar dengan TNI dan Polri. Namun, diyakininya dengan kedisdiplinan dan semangat juang tinggi, mereka akan bisa kompak.

“Dengan kekompakan antara pelajar dengan TNI dan Polri, semoga mereka dapat mengibarkan merah putih,” harapnya. (Andi)

Check Also

Ini-Nama-68-Anggota-Paskibraka-Nasional-Tahun-ini

Ini Nama 68 Anggota Paskibraka Nasional Tahun ini

Edupost.id – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional 2016 telah terpilih. Mereka merupakan siswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *