Senin , 5 Desember 2016
Home / Poleksosbud / Jeruk Manis Keprok Pemenang Fruit Indonesia 2016
Lomba Bibit Unggul Nusantara (LBUN)
Lomba Bibit Unggul Nusantara (LBUN) (foto: Indblgspt)

Jeruk Manis Keprok Pemenang Fruit Indonesia 2016

Edupost.ID-  Kemeriahan FRUIT INDONESIA 2016 yang berlangsung 17-20 November 2016 di Parkir Timur Senayan Jakarta, semakin semarak dengan menggelar Kontes Fruit and Floriculture Room Decoration dan Lomba Bibit Unggul Nusantara (LBUN).

Ketua Pelaksana FRUIT INDONESIA 2016, Dr. Meika Syahbana Rusli, mengatakan Fruit and Floriculture Room Decoration Contest adalah perlombaan penataan buah yang dapat digunakan untuk hiasan ruangan atau sudut ruangan.

“Bahan utama yang digunakan berupa buah yang dikombinasikan dengan bunga (bunga potong atau tanaman pot), tanaman hias, tanaman kering, dan produk-produk dekoratif. Bunga nusantara yang dapat digunakan sebagai bagian dari dekorasi adalah anggrek, heliconia dan zingiberaceae. Dengan kriteria penilaian kreativitas, desain, komposisi, harmoni, material yang digunakan, dan kerapihan,” ujar Meika.

Dalam gelaran tahun ini, Winnie Florist dari Bandung keluar sebagai juara Fruit and Floriculture Room Decoration Contest 2016 dan berhak atas piagam penghargaan dari Ibu Presiden RI dan plakat dari Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian.

Dalam ajang ini Lomba Bibit Unggul Nusantara (LBUN). LBUN adalah kompetisi buah unggul dari berbagai daerah di Indonesia. Jenis buah yang dilombakan adalah Jambu Air, Alvokad, Mangga, Jeruk Manis. Lomba ini diikuti oleh beberapa kalangan dari Petani/Penanam/Kelompok Tani, Pemulia Tanaman, Perusahaan Perkebunan Negara, Perusahaan Swasta, Pusat Penelitian, Universitas dan Pehobi.

Untuk kategori Jambu Air, juara pertama diraih oleh Sunardi dengan Jambu Air Madu Deli dari Binjai Sumatera Utara. Juara kedua adalah Jambu Air Madu Deli dengan pemilik Andy Roza dari Deli Serdang Sumatera Utara. Dan juara ketiga diperoleh oleh Patrawi dai Sumenep Jawa Timur dengan Jambu Air Kalampok.

Sedangkan kategori Alvokad, juara pertama adalah Alvokad Misra atasnama pemilik Misra Nelly dari Jambi. Juara kedua diraih oleh Alvokad Jambon atasnama pemilik Khoirun dari Semarang Jawa Timur. Dan juara ketiga diraih oleh Alvokad Perkasa atasnama pemilik Frans dari Berau Kalimantan Timur.

Kategori Mangga, juara pertama diraih oleh Mangga Arumanis atasnama pemilik Moh. Hernadi WA dari Tangerang Selatan Banten. Juara kedua diraih oleh Mangga Gadung atasnama pemilik Ibrohim dari Jepara Jawa Timur. Dan juara ketiga diraih oleh Mangga Gadung atasnama pemilik Nor Huda dari Jepara Jawa Timur.

Dan untuk kategori Jeruk Manis, juara pertama diraih oleh Jeruk Manis Keprok Batu 55 atasnama pemilik Eko Santoso dari Malang Jawa Timur. Juara kedua diraih oleh Jeruk Manis Siam Banjar atasnama pemilik Tatang Rubono dari Tapin Kalimantan Selatan. Dan juara ketiga diraih oleh Jeruk Manis Siam Pontianak atasnama pemilik Salimun dari Malang Jawa Timur.

Dari keempat kategori tersebut, diperoleh kategori khusus Best of The Best yang diraih oleh Jeruk Manis Keprok Batu 55 atasnama pemilik Eko Santoso dari Malang Jawa Timur. (Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *