Jumat , 20 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Jumlah Insinyur di Indonesia Masih Sangat Terbatas
insinyur
Insinyur (foto: shutterstock)

Jumlah Insinyur di Indonesia Masih Sangat Terbatas

Edupost.id, Jakarta – Proporsi antara jumlah insinyur dengan jumlah penduduk yang ada di Indonesia bisa dikatakan tak seimbang. Negara kita masih sangat kekurangan jumlah insinyur terlebih jika dibandingkan dengan proporsi jumlah insinyur di negara-negara lainnya.

Kepala Balai Peningkatan Keahlian Konstruksi, Doedoeng Arifin turut prihatin dengan kondisi minimnya insinyur di tanah air.

“Sangat disayangkan, Indonesia bisa dibilang negara besar tapi `miskin’ Insinyur. Jumlah Insinyur negara kita terendah di ASEAN,” jelasnya, seperti dilansir ROL.

Padahal, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ternyata dinilai memiliki jumlah insinyur yang tidak sebanding dengan jumlah besar penduduk tersebut.

Menurut data yang dirilis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, jumlah insinyur di Indonesia yakni dalam per satu juta penduduk hanya ada 3,038 orang insinyur.

“Sangat kecil jika dibandingkan dengan Singapura yang mencapai 28,235 orang,” tandasnya.

Walaupun saat ini jumlah Insinyur Indonesia yang terdaftar di ACPE (ASEAN Chartered Professional Engineer) terbanyak di lingkup ASEAN. Doedoeng menilai, sayangnya kualitas para insinyur itu masih belum memenuhi standar karena tidak proposional dengan jumlah keseluruhan penduduk.

Dengan demikian, Doedoeng melihat, kondisi itu mengharuskan seluruh pemangku kepentingan sektor konstruksi di Indonesia perlu bahu membahu meningkatkan kualitas dan kuantitas Insinyur Indonesia, terlebih untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

(EI/IK)

Check Also

guru-mengajar

Kota Yogyakarta Belum Terapkan Permendiknas Tentang Sumbangan

Edupost.ID – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana menyatakan belum akan memberlakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *