Kamis , 25 Mei 2017
Home / Poleksosbud / Kabut Asap dari Indonesia Rugikan Negara Tetangga

Kabut Asap dari Indonesia Rugikan Negara Tetangga

Edupost.ID –Bencana kabut asap yang tak kunjung reda menyelimuti beberapa wilayah di Indonesia kini telah merambah ke negara tetangga, Malaysia dan Singapura.Asap akibat pembakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan itu telah menutupi wilayah Singapura dan sebagian barat Serawak, Malaysia. Angin yang bertiup ke timur laut menyebabkan asap dari Riau, Jambi dan Sumatera Selatan menutupi langit negara tetangga dan merugikan warga di sana.

Di Malaysia, sekolah telah diliburkan seperti di Kuala Lumpur dan beberapa daerah lainnya. Di sana indeks polusi udara berada di kisaran atas ” tidak sehat ” dan mendekati ” sangat tidak sehat “. Pihak berwenang Malaysia di beberapa daerah telah mendistribusikan masker kepada masyarakat dan menyarankan untuk membatasi aktivitas luar ruangan yang tidak perlu. Sedangkan untuk sektor kelautan dan penerbangan disarankan untuk bersiaga karena jarak pandang yang buruk.

Sementara di Singapura, kualitas udara pada hari Jumat (11/9) pukul 19.00 waktu setempat berada pada level tidak sehat dengan PSI 129-148. Sejumlah acara olahraga lokal telah dibatalkan di Singapura. Singapore Grand Prix yang akan dilaksanakan akhir pekan nanti juga bisa terganggu oleh asap dari kebakaran hutan di Indonesia. Pihak penyelenggara mengatakan bahwa kabut asap bisa menjadi masalah karena dapat mengaburkan pandangan saat berada di lintasan.

“Kabut mengganggu jarak pandang, dan kesehatan masyarakat. Singapura GP akan bekerja sama dengan instansi terkait sebelum membuat keputusan mengenai acara tersebut,” kata Panitia Grand Prix Singapura.

Namun, keputusan tentang penyelenggaraan acara ini akan dibuat oleh FIA Ras Direktur Charlie Whiting setelah berkonsultasi dengan para pembalap dan tim. (Guardian/IK-SS)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *