Sabtu , 27 Mei 2017
Home / Poleksosbud / Kekayaan Biodiversitas Indonesia Terancam oleh Ulah Manusia

Kekayaan Biodiversitas Indonesia Terancam oleh Ulah Manusia

Edupost.id – Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Enny Sudarmonowati mengatakan, Indonesia memiliki biodiversitas yang masih belum tergali dan diketahui potensinya hingga saat ini. Meskipun hal itu merupakan aset berharga, keanekaragaman hayati tersebut mengalami banyak ancaman karena eksploitasi manusian yang berlebihan.

“Biodiversitas Indonesia sangat layak dijadikan sebagai aset bangsa yang harus dijaga, dipelajari dan dimanfaatkan untuk masa depan Indonesia,” jelas Enny Sudarmonowati dalam pernyataan tertulisnya.

Banyaknya eksploitasi di kawasan yang memiliki nilai keanekaragaman hayati yang tinggi, menyebabkan kerusakan fatal. “Hutan banyak yang dialihfungsikan menjadi perkebunan, pertambangan, bahkan untuk menjadi wilayah perkotaan baru,” terang Enny.

Desakan yang terjadi di alam sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang sangat cepat sehingga mengorbankan lahan alami. “Akibat eksploitasi yang berlebihan menyebabkan kepunahan berbagai jenis flora, fauna, merusak ekosistem, dan penurunan kualitas lingkungan hidup,” ungkap Enny.

Ditambahkan Enny, kondisi tersebut akan terus berlangsung jika pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga biodiversitas masih rendah. Dan tantangan terbesar untuk menjaga kekayaan biodiversitas adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat pada alam. Upaya membangun kesadaran generasi muda juga didorong oleh ketersediaan fasilitas yang menginformasikan pentingnya biodiversitas untuk masa depan manusia.

“Membangun pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya biodiversitas bagi kelangsungan hidup manusia masih kurang aktif dilakukan di Indonesia dibandingkan di negara Asia lainnya,” ungkapnya. (Andi)

Check Also

lipi-dan-intel-indonesia-innovation-workshop

LIPI dan Intel Gelar Innovation Workshop untuk Siswa SMA

Edupost.id – LIPI dan Intel Indonesia membuka kesempatan bagi siswa SMA untuk mengikuti acara Innovation …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *