Rabu , 18 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Kekerasan Seksual, KAMMI: Indonesia Butuh Ketegasan Hukum
Korban kekerasan seksual anak
Ilustrasi. Korban kekerasan seksual anak

Kekerasan Seksual, KAMMI: Indonesia Butuh Ketegasan Hukum

Edupost.id, Jakarta – Kasus kekerasan seksual di Indonesia merupakan salah satu bukti bahwa hukum di Indonesia belum tegas. Hal ini senada dengan catatan tahunan Komnas Perempuan yang menyebut bahwa kekerasan terhadap perempuan di Indonesia pada 2015 meningkat dari tahun sebelumnya. Demikian penilaian dari Ketua Bidang PP KAMMI, Ni Nyoman Indira.

“Kasus kekerasan seksual pada anak dan perempuan merupakan fenomena gunung es yang baru banyak terkuak akhir-akhir ini setelah peristiwa kejahatan luar biasa yang dialami oleh saudari Yuyun di Bengkulu,” kata Indi.

Kekerasan seksual, tambah Indi, sebelumnya menempati peringkat ketiga, kemudian pada tahun berikutnya kekerasan seksual naik ke peringkat kedua. Bentuk kekerasan seksual tertinggi adalah perkosaan (72% atau 2.399 kasus), pencabulan (18% atau 601 kasus), dan pelecehan seksual (5% atau 166 kasus).

“Tingginya kekerasan seksual yang terjadi pada anak dan perempuan membuktikan bahwa Indonesia belum memiliki ketegasan hukum terhadap pelaku-pelaku kekerasan seksual pada anak dan perempuan,” tegasnya.

Menurutnya, implementasi hukum yang ada belum memberikan efek jera terhadap pelaku kekerasan seksual pada anak dan perempuan. Belum lagi pelaku pengedar miras dan segala bentuk pornografi. Mereka menjadi pelaku yang tidak bertanggungjawab.

Pendapat serupa juga disampaikan Ketua Umum PP KAMMI, Kartika Nur Rakhman “Penyelesaian masalah kekerasan seksual pada anak dan perempuan yang terjadi tidak cukup hanya dengan melegalkan Perppu dan hukum kebiri untuk para pelaku kekerasan seksual. Kita butuh Rancangan Undang Undang tersendiri yang mengatur terkait hukuman yang lebih spesifik terhadap para pelaku,” tutur Nur Rakhman. (Nisa)

Check Also

KAMMI-audiensi-ke-Lemhanas

Audiensi KAMMI, Lemhanas: Pemuda Jaga Keutuhan NKRI

Edupost.id, Jakarta – Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) melakukan audiensi dengan Gubernur …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *