Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Poleksosbud / Mahasiswa Yogyakarta Aksi Tuntut Presiden Turunkan Ahok
aksi mahasiswa yogyakarta tuntut presiden turunkan ahok
Aksi mahasiswa Yogyakarta tuntut presiden turunkan ahok

Mahasiswa Yogyakarta Aksi Tuntut Presiden Turunkan Ahok

Edupost.id – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Muslim Yogyakarta “Peduli Hukum dan Konstitusi” menggelar aksi di depan kantor DPRD DIY di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Pada aksi yang digelar Jumat (24/2) siang ini mereka mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera mencopot Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari jabatan Gubernur DKI Jakarta.

Dalam aksi ini, mahasiswa menyayangkan sikap Presiden Jokowi yang dinilai tidak tegas dalam menegakkan hukum terhadap terdakwa penistaan agama.

Pemberhentian segera Ahok didasarkan pada ketentuan hukum dalam Pasal 83 ayat (1) UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengatur bahwa Kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diberhentikan sementara tanpa melalui usulan DPRD.

Sebagaimana diketahui, Ahok telah didakwa okeh Jaksa Penuntut Umum telah melakukan kejahatan sebagaimana diatur dalam Pasal 156 huruf a KUHP dan Pasal 156 KUHP. Pasal 156a KUHP yang mengancam Ahok dengan ancaman pidana penjara selama-lamanya 5 (lima) tahun.

Dalam rilis resminya, Koalisi Mahasiswa Yogyakarta “Peduli Hukum dan Konstitusi” menuntut beberapa hal.

Pertama, mereka menuntut Jokowi untuk mengambil keputusan segera dalam menerbitkan kepres pemberhentian Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, masa aksi juga mendukung DPR RI menggunakan hak angket untuk mendesak pemerintah mencopot Ahok.

Bowo, salah satu peserta aksi mengaku akan tetap menunggu respon dari DPRD DIY terkait tuntutan mahasiswa. Ia akan meminta perwakilan sekretaris dewan untuk menandatangani press release yang telah mereka buat. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *