Minggu , 26 Maret 2017
Home / Poleksosbud / May Day, Ratusan Buruh Yogyakarta Aksi Longmarch
Aksi Buruh Yogyakarta
Aksi Buruh Yogyakarta dari Tugu ke Titik Nol Kilometer (foto: Andi Edupost)

May Day, Ratusan Buruh Yogyakarta Aksi Longmarch

Edupost.Id, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh atau May Day, ratusan buruh di Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY), hari ini (1/05) menggelar aksi longmarch dari Tugu Yogyakarta menuju titik 0 kilometer.

Sejak pagi, ratusan buruh tersebut berkumpul di Tugu Yogyakarta dan sempat melakukan orasi. Usai orasi di tugu, para buruh melanjutkan orasi di Jalan Malioboro sebelum bergerak ke titik nol km.

Dalam aksi tersebut, mereka menuntut agar pemerintah memberikan upah layak kepada para buruh terus dilancarkan.

Ersad Ade Irawan, salah satu Koordinator Aksi Hari Buruh mengatakan, saat ini buruh masih harus berjuang untuk menaikkan upah, penghapusan outsourcing dan kesejahteraan lainnya. Menurutnya UMP di Indonesia masih rendah dibandingkan negara di Asia Tenggara lainnya.

“Ini bukan May Day Fiesta. Kita jangan sampai terlena dengan berbagai kegiatan yang digelar pemerintah. Karena itu, jangan terbuai dengan cara-cara yang dilakukan pemerintah saat ini seperti jalan sehat atau jalan gembira,” sebut Ersad, saat berorasi di Jl Malioboro Yogyakarta.

Sementara itu, Sekjen Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY), Kirnadi menegaskan, pihaknya menolak PP No 78 tentang Pengupahan yang dianggap pro upah murah. Pihaknya meminta Pemerintahan Jokowi-JK agar membuat kebijakan perburuhan yang mensejahterakan para buruh.

“Kami tetap menghendaki adanya upah layak bagi teman-teman buruh di DIY. Kami juga dengan tegas menolak PP 78 yang pro terhadap upah murah,” tegasnya.

Selain itu, tambah Kirnadi, mereka menuntut agar pelayanan BPJS Kesehatan diperbaiki sehingga lebih manusiawi.

Selama aksi berlangsung massa mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Jalan Malioboro hingga kawasan titik nol kilometer tetap bisa dilalui oleh semua kendaraan. (Andi)

 

 

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *