Jumat , 24 November 2017
Home / Poleksosbud / Megawati : Kampus Harus Jadi Pusat Keilmuan
Megawati-Soekarnoputri
Megawati-Soekarnoputri

Megawati : Kampus Harus Jadi Pusat Keilmuan

Edupost.id – Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri mengatakan, pembangunan Indonesia harus berbasis pada riset dan kajian ilmiah. Menurutnya, dalam mewujudkan kemajuan Indonesia, kampus harus berperan menjadi pusat keilmuan (center of science).

“Kampus tidak hanya untuk menghasilkan tenaga ahli dan tenaga terampil bagi pembangunan. Namun, kampus pun harus menghasilkan riset-riset yang dapat digunakan sebagai acuan dalam keputusan politik pembangunan,” kata Megawati dalam pidato ilmiah dalam rangka penganugerahan gelar doktor kehormatan (honoris causa) oleh Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu lalu (27/9).

Mega mengingatkan kampus harus mampu mencetak akademisi organik. Akademisi semacam itu, lanjut Mega, akan mencari solusi ilmiah problematika rakyat. Kegiatan akademik juga harus bermanfaat dalam kehidupan masyarakat.

Mega juga berharap, Indonesia memiliki sebuah lembaga riset nasional. Menurut Megawati, tidak ada satu negara pun yang dapat menjadi negara maju, jika tidak berfokus pada riset ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai dasar kebijakan pembangunan.

“Karena itu saya sangat memimpikan Indonesia memiliki Lembaga Riset Nasional, seperti yang pernah dirintis Bung Karno. Lembaga Riset Nasional yang mengonsolidasikan keseluruhan riset tidak hanya di lembaga riset negara, tetapi juga swasta,” ujarnya.

Lembaga riset ini penting menjadi dasar pembangunan Indonesia. Agar jelas tujuan, target dan sasaran, kata Megawati, maka kebijakan pembangunan tidak boleh berdasarkan asumsi. Pembangunan harus dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan melalui riset yang mendalam.

Di negara-negara maju, lanjutnya, terdapat konektivitas yang kuat antara perguruan tinggi dan lembaga riset negara. Sehingga universitas dan perguruan tinggi pada akhirnya menjadi salah satu pilar penting, yang berkontribusi besar pada kemajuan rakyat, bangsa dan negara. (Andi)

Check Also

Universitas Negeri Padang

UNP Beri Penghargaan Doktor “Honoris Causa” kepada Megawati

Edupost.id – Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan penghargaan Gelar Doktor “Honoris Causa” kepada mantan presiden …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *