Kamis , 14 Desember 2017
Home / Poleksosbud / Menaker: Kita Tidak Perlu Khawatir Hadapi MEA

Menaker: Kita Tidak Perlu Khawatir Hadapi MEA

YOGYAKARTA – Tiga bulan lagi kita memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Tentu akan banyak mengubah tatanan nilai dalam masyarakat kita. Namun bangsa kita telah siap menghadapi MEA. Demikian yang disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhamad Hanif Dhakiri, saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional di UNY.

Menaker menyampaikan bahwa MEA merupakan sebuah integrasi global yang berdampak pada derasnya arus manusia, barang, jasa, modal, investasi, serta informasi.

“Harusnya kita tidak perlu khawatir menghadapi itu, asalkan kita siap bersaing dan agar mampu bersaing salah satu kunci utamanya adalah sikap profesionalitas. Sikap tersebut senantiasa harus kita kedepankan sebagai seorang tenaga kerja yang handal dan unggul,” jelasnya.

Terkait pengembangan manusia, salah satu paket kebijakan pemerintah khususnya Kementerian Ketenagakerjaan adalah menyiapkan SDM Indonesia yang kompeten melalui  peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.

Pengembangan SDM berbasis kompetensi melalui lembaga Diklat dan pengembangan karir. “Sehingga UNY, saya harapkan pula sebagai lembaga pendidikan mampu memfasilitasi pengakuan terhadap kompetensi yang diperoleh melalui pengalaman dan proses panjang  diluar pendidikan formal,” jelasnya.

Ia mencontohkan kasus nurse atau perawat kita, ternyata di Jepang mereka di downgrade levelnya. “Saya dan tim segera berangkat ke Jepang untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat sehingga yang kita kejar adalah penyetaraan pengakuan kompetensi tenaga kerja kita, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional,” tuturnya. (UNY/IK-SS)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *