Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Poleksosbud / Menkes: Narkoba Melenyapkan Generasi Produktif Indonesia

Menkes: Narkoba Melenyapkan Generasi Produktif Indonesia

BATAM- Indonesia terancam kehilangan generasi muda produktif akibat banyak masyarakat yang jadi pengguna dan meninggal karena narkoba. Hal ini diungkapkan Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek usai membuka Rapat Kerja Nasional Kesehatan Wilayah Barat di Batam, Kamis (5/3).

“Indonesia terancam kehilangan generasi muda akibat tingginya pengguna narkoba usia produktif. Narkoba juga sudah membunuh banyak generasi muda,” ujarnya, dilansir Antara.

Menurutnya, masalah yang dihadapi Indonesia akan bertambah kompleks jika semakin banyak generasi muda sakit atau meninggal karena mengkonsumsi narkoba.

“Dari sisi kesehatan narkoba sangat merugikan. Dari sisi ekonomi akan menghambat pertumbuhan dan memperlambat peningkatan kesejahteraan,” tandasnya.

Nila menilai hukuman mati, bukan berarti tidak ada rasa kemanusiaan namun mengingat dampak yang ditimbulkan sudah sangat besar serta merugikan. Terlebih hukuman seumur hidup terbukti tidak memberikan efek jera.

“Narkoba adalah perilaku yang tidak bermanfaat di masyarakat. Narkoba juga menghambat pembangunan kesehatan,” kata Nila.

Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan, tahun 2015 jumlah pengguna narkoba di Indonesia berdasar angka pravalensi atau kelaziman pengguna narkoba yakni mencapai 5,1 juta orang. Sementara,  jumlah pengguna narkoba tercatat saat ini hampir 4 juta jiwa.

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *