Selasa , 23 Mei 2017
Home / Poleksosbud / Menteri ESDM Diberhentikan, BEM SI: Indonesia Bukan Mainan
Archandra-Tahar-diberhentikan-dari-Menteri-ESDM
Archandra Tahar diberhentikan dari Menteri ESDM

Menteri ESDM Diberhentikan, BEM SI: Indonesia Bukan Mainan

Edupost.id – Menteri ESDM, Archandra Tahar yang diberhentikan beberapa waktu lalu dinilai BEM Seluruh Indonesia (SI) bahwa Indonesia bukan untuk mainan. Archandra merupakan seorang ahli dalam bidang perminyakan khususnya dalam bidang ocean engineering yang terindikasi berkewarganegaraan ganda oleh Presiden RI.

“Menjelang kemerdekaan terdapat fenomena yang menarik perhatian setiap mata rakyat Indonesia,” ujar Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia, Bagus Tito Wibisono.

Polemik dwi-kewarganegaraannya, lanjut Bagus, cukup menuai kontroversi, karena pasalnya Presiden akan dikenakan pelanggaran undang-undang. Puncaknya ketika pemberhentian Archandra di detik-detik menjelang kemerdekaan Indonesia.

“Mari kita melihat kilas balik dari track record kabinet kerja. Di janji-janji kampanye dan awal jabatannya, presiden menyatakan bahwa tidak boleh ada rangkap jabatan dalam kementerian, agar fokus kerja terlaksana,” tambahnya.

Selain itu, Jokowi menyebutkan juga tidak ada bagi-bagi jabatan di dalam kabinet. Kemudian, terjadilah reshuffle jilid satu yang salah satunya menjadikan Luhut Binsar Panjaitan sebagai menko polhukam. Melalui reshuffle ini rakyat mengharapkan adanya perubahan yang menghantarkan pada kesejahteraan. Nyatanya, terjadilah reshuffle jilid dua yang kembali menuai polemik, salah satunya yaitu naiknya Acandra sebagai menteri ESDM menggantikan Sudirman Said.

“Fenomena ‘asal ubah-asal comot’ ini berpotensi menurunkan reputasi presiden. Atau memang presiden kita yang prematur serta amatir, atau bahkan memang ada oknum yang memanfaatkan jabatan presiden untuk kepentingan tertentu,” tegasnya. (Nisa)

Check Also

BEM SI. jpg

Ini Tujuh Fakta Aksi BEM SI 14 Februari Menurut Mahasiswa

Edupost.ID – Sejumlah mahasiswa PNJ, UNJ, STEI, SEBI, IPB dan beberapa pengurus BEM dari Universitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *