Selasa , 22 Agustus 2017
Home / Poleksosbud / Mobil Esemka Masih Menanti Investor dan Dukungan Pemerintah

Mobil Esemka Masih Menanti Investor dan Dukungan Pemerintah

KLATEN – Penggagas sekaligus pencetus mobil Esemka, Sukiyat, menyambut gembira rencana investor yang berminat menanam investasi dalam proyek pengembangan mobil rakitan para siswa SMK ini.

Sukiyat mengibaratkan, seumpama seorang gadis, Esemka sudah siap disunting. Dari segi kualitas, lanjutnya, kualitas Esemka tidak kalah dengan produk automotif lainnya.

“Ibarat seorang gadis, Esemka itu sudah siap dipersunting. Kualitas produk tak kalah. Bahkan Esemka sudah dihakpatenkan,” jelas Sukiyat.

Sukiyat meyakini, mobil Esemka sudah layak untuk dikembangkan menjadi mobil dalam negeri. Ia pun mendesak pemerintah agar produksi Esemka lebih diprioritaskan dibandingkan pesawat.

Menurutnya, dengan memproduksi Esemka maka tenaga kerja siswa SMK yang diserap akan lebih banyak.

“Kalau memproduksi pesawat itu kan tenaga kerjannya terbatas dan yang hanya memiliki kemampuan saja. Tapi kalau mobil, bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak,” jelasnya.

Sebelumnya, ia menuturkan, telah ada investor yang juga hendak menanamkan modal untuk Esemka, namun kerja sama tersebut batal terwujud.

Hal itu bukan disebabkan karena pihak PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), selaku pihak investor mematok persyaratan yang tinggi, namun ia menilai dukungan dari pemerintah masih minim.

“Kita harusnya melihat Jepang dan China. Mereka begitu bangga dengan produknya. Saya memimpikan agar pemerintah kita pun seperti mereka yang bangga dengan dunia automotifnya,” imbuhnya.

(OKZ/EI-IK)

Check Also

Telur itik kaya Antioksidan dan Omega 3

Telur Itik Inovasi IPB Ini Kaya Antioksidan dan Omega 3

Edupost.id – Tiga peneliti Institut Pertanian Bogor (Fapet IPB), Sumiati, Widya Hermana dan Arif Darmawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *