Selasa , 12 Desember 2017
Home / Poleksosbud / Pakar: Indonesia Perlu Deklarasi Dukungan Palestina di KAA

Pakar: Indonesia Perlu Deklarasi Dukungan Palestina di KAA

YOGYAKARTA – Pakar Timur Tengah dari UGM, Siti Mutiah Setiawati menilai, Indonesia perlu menunjukkan dukungan moral untuk Palestina. Karena itu, Deklarasi Dukungan Kemerdekaan Palestina menjadi salah satu dokumen utama yang perlu dibahas di Konferensi Asia Afrika 2015.

“Dukungan moral sangat penting untuk Palestina. Penting untuk masih diakui sebagai bangsa yang bermasalah, bukan yang membuat masalah, dan perlu dukungan internasional untuk menyelesaikan masalahnya,” papar Siti saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin.

Wakil Ketua Kajian Timur Tengah Sekolah Pascasarjana UGM ini menuturkan, Indonesia sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno tetap memberi dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

Ia menyebutkan, Indonesia akan tetap menyerukan kepada dunia bahwa Palestina sebagai negara yang masih terjajah.

“Indonesia tetap mempertahankan bahwa Palestina merupakan masalah yang harus segera diselesaikan,” tukas pengajar mata kuliah politik dan pemerintahan Timur Tengah ini.

Siti menegaskan, jangan sampai generasi mendatang memiliki persepsi yang keliru tentang Palestina, misalnya menganggap pihak Palestina pembuat masalah karena ada organisasi HAMAS.

Walaupun untuk mewujudkan Palestina merdeka masih melalui proses yang panjang, ia berpendapat dukungan moral seperti ini sangat penting bagi negara Palestina.

“Dukungan tidak harus berupa materi,” tandas doktor dari UGM ini. (ANT/IL-SS)

Check Also

Sepuluh Universitas Paling Inovatif Tahun 2017

Pimpinan PTN Harus Siap Hadapi Era Disruption Innovation

Edupost.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, pimpinan PTN harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *