Sabtu , 25 November 2017
Home / Poleksosbud / Pemanfaatan Energi Panas Bumi Untuk Listrik Masih 5 persen

Pemanfaatan Energi Panas Bumi Untuk Listrik Masih 5 persen

Jakarta- Pemanfaatan energi panas bumi untuk listrik di Indonesia masih dinilai rendah. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy (PGE), Rony Gunawan pada workshop Media PT Pertamina dengan tema “Harga Minyak Jatuh, Pengembangan Panas Bumi Jalan Terus”.

“Pemanfaatan panas bumi untuk listrik di Indonesia masih sekitar lima persen dan itu masih jauh dari rata-rata yang ditargetkan Dewan Energi Nasional (DEN) sebesar 25 persen,” ucap Rony, seperti dilansir Antara.
Menurutnya, Indonesia memiliki potensi terbesar di dunia dalam bidang panas bumi karena mempunyai temperatur yang cukup tinggi. Namun, lanjutnya, selama ini pengembangannya tidak berjalan dengan baik. Penyebabnya diantaranya karena tidak ada harga atau tarif yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, Rony menambahkan, hambatan lainnya terkait dengan proses bisnis, misalnya izin lokasi, izin penggunaan lahan untuk eksplorasi, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Pengambilan dan Pemanfaatan Air (SIPPA), dan Anaslis Mengenai Dampak Lingkungam (AMDAL).

Rony menjelaskan, terdapat total 312 lokasi di seluruh Indonesia untuk penyebaran petensi panas bumi dan yang terbanyak adalah Sumatera dengan 93 lokasi.

Energi panas bumi yang baru terpasang di Indonesia sebesar 1.403,5 megawatt dari total energi potensi sumber daya sebesar 12.386 megawatt dan energi potensi cadangan sebesar 16.524 megawatt.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *