Minggu , 11 Desember 2016
Home / Poleksosbud / Pendidikan Berkembang, Sleman Raih Penghargaan dari Presiden
Pendidikan Berkembang, Sleman Raih Penghargaan dari Presiden
Pendidikan Berkembang, Sleman Raih Penghargaan dari Presiden (foto: Bupati Sleman SriPurnomo)

Pendidikan Berkembang, Sleman Raih Penghargaan dari Presiden

Edupost.ID – Kondisi pendidikan di Kabupaten Sleman Derah Istimewa Yogyakarta telah mengalami perkembangan yang besar. Ini terbukti dengan diraihnya penghargaan Dwija Praja Nugraha dari Presiden RI, Joko Widodo kepada daerah di ujung utara DIY ini. Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Bupati Sleman, Sri Purnomo, pada puncak acara HGN 2016 di Sentul Bogor beberapa waktu lalu.

“Kabupaten Sleman mendapatkan penghargaan itu karena kebersamaannya di dalam rangka mengembangkan pendidikan di Kabuoaten Sleman,” ujar Bupati Sri Purnomo dalam acara Puncak Peringatasn HUT 71 PGRI dan HGN 2016 Kabupaten Sleman, di Gedung Serbaguna Sleman, Rabu (30/11).

Sri menambahkan, Sleman perlu berbangga dengan raihan penghargaan ini, karena di antara seluruh daerah di Indonesia hanya ada beberapa gubernur, bupati, dan walikota yang mendapat penghargaan ini. Penghargaan ini juga menjadi bukti keberhasilan Kabupaten Sleman dalam mengembangkan pendidikan.

Ditambahkan, capaian keberhasilan ini harus menjadi semangat baru pagi insan pendidikan Sleman untuk terus bergerak meningkatkan prestasi. Diakuinya, untuk mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan ini memang tidaklah mudah. Diperlukan peran serta seluruh guru di Sleman agar kualitas pendidikan di Sleman semakin meningkat.

Guru dituntut untuk semakin meningkatkan kompetensi dalam mengajar. Menurut Sri, ada empat standar kompetensi yang harus dimiliki guru, yakni kepribadian, sosial, pedagogik, dan akademik.

“Itu harus dijadikan pegangan, dan kita terjemahkan dalam kehidupan ketika kita memberikan pembelajaran kepada anak didik kita,” imbuh Sri.

Guru, menurut Sri, bertanggung jawab mencerdaskan generasi muda. Guru juga berperan mengantarkan anak bangsa menuju masa depan. Akan jadi apapun anak bangsa, itu tergantung pada guru. Untuk itu, Sri mengajak ribuan guru yang hadir untuk terus meningkatkan kualitasnya dalam mengajar. (Andi)

Check Also

Terapkan Praktik Perilaku Hidup Sehat

75 Persen Sekolah Rusak, IGI dan FSGI Bertemu Komisi X DPR

Edupost.ID – Sebanyak 75 persen sekolah di Indonesia dalam keadaan rusak dengan berbagai kategori. Tentunya …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *