Sabtu , 25 November 2017
Home / Poleksosbud / Pimpinan Situs yang Diblokir Mengadu ke DPR

Pimpinan Situs yang Diblokir Mengadu ke DPR

JAKARTA – Para pimpinan situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengadu ke Komisi I DPR. Mereka menilai pemblokiran tersebut tanpa didahului mediasi dan alasan yang kuat.

“Ada 22 situs yang diberhangus BNPT dan persoalannya adalah pemblokiran itu dilakukan tanpa mediasi apapun,” jelas Dewan Redaksi Voaislam.com, Aendra, di ruang rapat Komisi I DPR RI, Jakarta, Rabu (1/4).

Ia menyebutkan, pada tanggal 30 Maret 2015 ada surat dari Kemenkominfo yang intinya melakukan pemblokiran berdasarkan rekomendasi BNPT, namun tidak ada penjelasan lebih detail apa alasannya.

“Dalam surat itu situs kami dianggap memiliki paham radikal dan seharusnya dijelaskan lebih dahulu apabila mau melakukan pemblokiran,” terangnya.

Aendra menerangkan, pemblokiran situs itu harus berdasarkan perintah pengadilan sehingga dirinya mempertanyakan kebijakan pemerintah yang tidak menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Apakah negara hukum seperti Indonesia tidak melihat situs secara isinya dan kami menilai Kemenkominfo dangkal kajiannya sebelum menutup situs,” tambahnya.

Perwakilan voaislam, Abdul Halim menuturkan, langkah BNPT yang memberikan rekomendasi pemblokiran itu, merupakan tindakan seperti zaman orde baru yang memerintah langsung ke Kemenkominfo.

Ia berharap, Komisi I DPR bisa mengakhiri kekisruhan ini dan situs-situs yang diblokir itu harus dipulihkan.

Perwakilan Hidayatullah, Mahyadi mengungkapkan, pihaknya mempertanyakan tolak ukur situsnya dianggap sebagai penyebar radikalisme dan berbahaya. Karena selama ini, pihaknya tidak pernah menyebarkan berita yang dituduhkan tersebut.

“Kami tidak pernah menggiring masyarakat untuk ikut NIIS/ISIS namun malah kami meminta masyarakat untuk hati-hati terhadap ISIS,” ucapnya.

Rapat Dengar Pendapat Umum antara Komisi I DPR dengan perwakilan situs yang diblokir itu dipimpin Wakil Ketua Komisi I DPR, Tantowi Yahya, dan dihadiri para pimpinan dan anggota Komisi I DPR. (ANT/IL-SS)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *