Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Poleksosbud / Pramuka Asia Pasifik Luncurkan Situs Belanja Online
scout bazaar
Scout Bazaar

Pramuka Asia Pasifik Luncurkan Situs Belanja Online

Edupost.id – Komite Pramuka se-Asia Pasifik sepakat untuk membuat situs belanja online khusus menjual atribut, alat atau souvenir kepramukaan dari 25 negara kawasan Asia Pasifik. Situs belanja online itu beralamat di www.scoutbazaar.com.

Situs aplikasi online ini di-launching saat Pertemuan Pimpinan Pramuka se-Asia Pasifik ke-9 2017 (9th Asia-Pacific Regional Scout [APRS] Leaders Summit 2017) di Inna Grand Bali Beach Hotel, (25/4). “Scoutbazaar ini dikelola langsung oleh APRS guna menghimpun dana sekaligus mempromosikan atribut kepramukaan atau yang terkait,” ujar Susi, Wakil Ketua Kwarnas yang juga anggota Komite Pramuka Se-Asia Pasifik bidang Finansal.

Susi menyebutkan, scoutbazaar.com diharapkan dapat menjadi “one stop platform” yang bisa menghubungkan seluruh kedai pramuka di negara-negara Asia Pasifik ke kurang lebih 40-an juta anggota pramuka di seluruh dunia. “Jadi, kalau ada yang ingin mengoleksi produk-produk kepramukaan di tingkat nasional maupun internasional, tinggal cari di sini. Misalnya, ingin beli produk Pramuka dari Jepang atau India. Tinggal cari, klik, dan beli,” ucapnya.

Menurut Susi, aplikasi ini dimaksudkan juga untuk menciptakan kemandirian finansial bagi organisasi Pramuka dalam pengumpulan pendanaan untuk kegiatan kepramukaan di kawasan Asia Pasifik. Terkait harga Susi menuturkan, akan dibuat harga standar sesuai mutu dan kualitasnya. Namun begitu, tidak semua orang bisa menjual produk di aplikasi ini. Menurut Kak Susi, situs penjualan ini hanya akan mengunakan satu pintu melalui Kwartir Nasional dari negara masing-masing.

“Sistem penjualannya harus melalui satu pintu, yakni Kwarnas. Jadi kalau ada orang yang ingin mempromosikan produk kepramukaan di aplikasi ini harus mendaftarkan dulu ke Kwarnas. Nanti akan didata dan diseleksi,” ungkapnya. (Kwarnas/ IK-SS)

Check Also

UIKA Gelar Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar

Edupost.id- Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Kota Bogor untuk ke-5 kalinya menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *