Minggu , 28 Mei 2017
Home / Poleksosbud / Pramuka Berperan dalam Pembentukan Karakter Pemuda
Pramuka Berperan dalam Pembentukan Karakter Pemuda
Pramuka Berperan dalam Pembentukan Karakter Pemuda

Pramuka Berperan dalam Pembentukan Karakter Pemuda

Edupost.id – Gerakan Pramuka dianggap masih relevan dengan perkembangan zaman. Bahkan, gerakan ini mempunyai peranan besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda. Bangsa ini membutuhkan generasi muda yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki karakter kuat, tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kompak, dan selalu bersatu.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutan tertulis pada acara Apel Besar Hari Pramuka ke 55 tingkat DIY, (27/8) di Halaman Balaikota Yogyakarta. Sambutan Sultan ini dibacakan oleh Asisten 1 Pemda DIY selaku pembina apel besar.

Dalam sambutan tertulisnya ini, Raja Keraton Yogyakarta itu sangat mengapresiasi kemajuan gerakan Pramuka di DIY. Dikatakannya, mengikuti gerakan Pramuka di sekolah bagi para generasi muda merupakan sebuah langkah positif. Mengikuti sekolah formal saja, menurut Sultan tidaklah cukup, mengingat terbatasmya waktu di sekolah untuk mempelajari banyak hal. Di dalam gerakan Pramuka inilah generasi muda dapat mempelajari berbagai aspek moral dan etika, serta keterampilan yang menjadi bekal hidup di kemudian hari.

“Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam pembentukan watak kepribadian,dan akhlak mulia, adik – adik perlu menambah dan meningkatkan wawasan serta pemahaman, antara lain dengan mengikuti pendidikan nilai – nilai melalui gerakan Pramuka,” tegas Sultan.

Sultan juga menghimbau kepada seluruh jajaran gerakan Pramuka DIY untuk memaksimalkan kinerja Gugus Depan (Gudep). Menurutnya, Gudep adalah ujung tombak kemajuanngerakan Pramuka.

Pada kesempatan itu, diserahkan pula berbagai penghargaan dari Kwartir Nasional (Kwarnas) terhadap anggota Pramuka berprestasi di DIY. Tidak ketinggalan, diberikan pula penghargaan Kwarcab Tergiat di DIY, yang jatuh kepada Kwarcab Kota Yogyakarta. (Andi)

Check Also

79 Regu akan Bertanding di ISC DIY

79 Regu Pramuka Siap Bertanding di ISC DIY

Edupost.id – Sebanyak 79 regu akan bertanding di ajang Indonesia Scouts Challenge (ISC) tingkat Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *